Bosan menggunakan perangkat Android dan ingin beralih ke iPhone? Begini cara mentransfer datanya

Bosan menggunakan perangkat Android dan ingin beralih ke iPhone? Begini cara mentransfer datanya

Techno.id - Mengubah penggunaan dari perangkat lama ke perangkat baru sering kali melibatkan kebutuhan untuk mentransfer data penting. Apalagi jika sistem operasi perangkat tersebut berbeda. Misalnya kamu dari yang sebelumnya menggunakan perangkat Android lalu ingin hijrah menggunakan iPhone. Tentu saja untuk mentransfer data dari dua perangkat yang berbeda OS menjadi pekerjaan yang tidak sederhana.

Jika kamu telah menggunakan ponsel Android tetapi sekarang memiliki iPhone, mungkin bertanya-tanya bagaimana cara beralih dari Android ke iPhone dan mentransfer pesan, kontak, foto, video, musik, dan aplikasi dari ponsel lama ke ponsel baru.

Tentu saja ini adalah proses yang berbeda jika kamu beralih ke ponsel Android lain, di mana kamu dapat memulihkan semuanya dari cadangan. Dulu mungkin akan sangat ribet jika harus berpindah dari Android ke iPhone.

Namun sekarang ada cara resmi untuk beralih dari Android ke iPhone menggunakan aplikasi Move to iOS yang bisa kamu dapatkan dari Google Play Store. Aplikasi ini juga mendukung riwayat obrolan WhatsApp, yang sekarang dapat dipindahkan antara Android dan iOS.

Cara menggunakan aplikasi Move to iOS

Bosan menggunakan perangkat Android dan ingin beralih ke iPhone? Begini cara mentransfer datanya foto: play.google.com

Sebelum membahas langkah-langkah yang tepat tentang cara mentransfer data dari Android ke iPhone, pastikan kedua ponsel terhubung ke pengisi dayanya dan terisi daya setidaknya 50%. Selain itu, pastikan kamu menonaktifkan batas waktu layar dan kontrol orang tua yang dapat mengganggu proses transfer.

Keduanya juga harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dan memperbarui sistem mereka ke versi terbaru. Pastikan kamu telah menginstal Android 14 dan iOS 17, secara berurutan, di ponsel Android lama dan iPhone baru. Sebaiknya pastikan WhatsApp selalu terbarui di ponsel Android jika kamu berencana menyimpan riwayat obrolan.

Namun sebagai catatan, kamu tidak akan dapat memindahkan aplikasi Android berbayar ke iPhone. Kamu harus membelinya kembali melalui App Store. Untuk aplikasi gratis yang memiliki pembelian dalam aplikasi seperti langganan, kamu harus dapat masuk dan terus menggunakan langganan. Pembelian konten dalam aplikasi seperti add-on game mungkin tidak dapat dialihkan ke iOS.

Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mentransfer data dari Android ke iPhone menggunakan aplikasi Move to iOS.

1. Instal Move to iOS di ponsel Android

Bosan menggunakan perangkat Android dan ingin beralih ke iPhone? Begini cara mentransfer datanya foto: dominik tomaszewski/foundry

Di ponsel Android lama, buka Google Play Store dan cari Move to iOS. Ketuk Dapatkan untuk mengunduhnya, lalu ketuk Buka setelah diinstal.

2. Mulai menyiapkan iPhone

Bosan menggunakan perangkat Android dan ingin beralih ke iPhone? Begini cara mentransfer datanya foto: dominik tomaszewski/foundry

Di iPhone baru, mulai proses penyiapan dengan menyalakannya dan mengikuti petunjuk untuk menyambungkan ke Wi-Fi. Jaringan Wi-Fi harus sama dengan ponsel Android kamu. iPhone akan diaktifkan dan kamu dapat memilih untuk mengatur ID Wajah jika ponsel kamu mendukungnya. Kamu juga harus memasukkan ID Apple atau membuatnya jika belum memilikinya.

Kamu kemudian akan melihat prompt untuk mendekatkan iPhone lama ke iPhone baru untuk Memulai dengan Cepat. Tetapi kamu perlu mengetuk Atur Secara Manual di bagian bawah dan pilih Pindahkan Data dari Android dari daftar yang ada.

3. Masukkan kode 6 digit

Bosan menggunakan perangkat Android dan ingin beralih ke iPhone? Begini cara mentransfer datanya foto: dominik tomaszewski/foundry

Masukkan kode 6 digit yang ditampilkan di iPhone baru di aplikasi Move to iOS di ponsel Android. Ini akan membuat koneksi di antara kedua perangkat sehingga kamu dapat mentransfer data.

(brl/red)