Bosan menggunakan perangkat Apple? Begini cara beralih dari iPhone ke Android

Bosan menggunakan perangkat Apple? Begini cara beralih dari iPhone ke Android

Techno.id - Mungkin ada dari kamu para pengguna iPhone yang belakangan merasa bosan menggunakan perangkat Apple kemudian ingin beralih ke Android. Apalagi saat ini untuk beralih platform dari iPhone ke ponsel Android sangat mudah. Kamu juga dapat memindahkan semua data termasuk foto, pesan, dan file lainnya.

Apalagi dengan pembaruan iOS 18 yang akan datang, pemilik iPhone akhirnya akan mendapatkan pesan RCS, peningkatan dari SMS yang diharapkan akan memperbaiki banyak masalah yang saat ini dihadapi pengguna saat mengirim SMS antara iPhone dan Android. Lantas, bagaimana jika ingin beralih dari iPhone ke Android? Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan.

Mulai dengan mencadangkan data

Bosan menggunakan perangkat Apple? Begini cara beralih dari iPhone ke Android foto: freepik/sodawhiskey

Proses peralihan iPhone ke Android biasanya akan berjalan lancar. Namun kamu perlu mencadangkan semua data sebelum melakukannya. Ada beberapa cara mencadangkan iPhone dan. Kamu bisa mencadangkan iPhone ke iCloud. Tetapi mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mencadangkan ke Google One.

Kamu dapat mencadangkan data dalam aplikasi tertentu, seperti WhatsApp, untuk menghindari kehilangan percakapan. Caranya dengan masuk ke Pengaturan > Obrolan > cadangan Obrolan. Kamu juga bisa mempertimbangkan aplikasi autentikator apa pun dan memeriksa proses transfernya untuk menghindari kehilangan akses aman ke layanan dan situs web.

Ada beberapa cara yang harus dilakukan di iPhone. Buka Pengaturan > Pesan untuk menonaktifkan iMessage, dan lakukan hal yang sama dengan FaceTime. Sebaiknya periksa berapa banyak data yang kamu miliki di iPhone.

Lihatlah Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone dan pastikan ponsel Android baru memiliki cukup ruang untuk menyalin semuanya. Jika tidak memiliki ruang yang diperlukan, lihat apa yang dapat kamu hapus. Sekarang, kamu siap untuk beralih.

Cara beralih dari iPhone ke Android

Kamu dapat menyalin data dari ponsel lama selama proses penyiapan. Jika iPhone kamu terus terkunci selama proses ini, maka bisa mengganggu, jadi sebelum mulai menyalin data, buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci Otomatis dan atur ke Tidak Pernah.

Cara mentransfer data menggunakan kabel

Bosan menggunakan perangkat Apple? Begini cara beralih dari iPhone ke Android foto: freepik/frsupaksorn

Cara tercepat dan termudah untuk mentransfer data adalah dengan menggunakan kabel.

1. Nyalakan ponsel Android baru, pilih bahasa dan wilayah, lalu ketuk Mulai.

2. Pada halaman Siapkan menggunakan perangkat lain, ketuk iPhone atau iPad.

3. Pilih jaringan Wi-Fi dan sambungkan. Mungkin perlu beberapa menit saat Memeriksa info.

4. Login ke akun Google kamu.

5. Masukkan kartu SIM atau siapkan eSIM.

6. Siapkan PIN dan buka kunci sidik jari.

7. Saatnya untuk Salin data dari iPhone, ketuk Berikutnya.

8. Hubungkan iPhone dan Android kamu dengan kabel Lightning ke USB-C atau kabel USB-C ke USB-C jika kamu memiliki iPhone 15 atau lebih baru.

9. Kamu harus memasukkan PIN iPhone untuk mempercayai ponsel Android yang terhubung.

10. Sekarang, kamu dapat memilih apa yang ingin disalin dan ketuk Salin untuk memulai proses.

11. Jika memilih untuk menyalin Aplikasi, itu akan memberi kamu daftar aplikasi yang cocok yang berhasil ditemukannya, beberapa pembelian dan pengaturan dalam aplikasi tidak akan disalin, dan kamu harus membeli aplikasi premium lagi.

Setelah selesai menyalin, kamu dapat memutuskan sambungan iPhone dan menyelesaikan beberapa tugas terakhir untuk mengaktifkan dan menjalankan ponsel Android baru kamu.

(brl/red)