Cara berbicara dengan ChatGPT di latar belakang iPhone

Cara berbicara dengan ChatGPT di latar belakang iPhone

Techno.id - Apple dikabarkan hampir mengintegrasikan teknologi ChatGPT OpenAI ke dalam iOS 18. Banyak orang berharap akan mengetahui rencana ini pada acara WWDC yang akan digelar 10 Juni 2024. Lantas bagaimana cara untuk berinteraksi dengan ChatGPT di iPhone?

Tahun lalu, OpenAI meluncurkan aplikasi ChatGPT gratis untuk iPhone dan iPad. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat berinteraksi dengan chatbot AI melalui input teks dan suara, memungkinkan mereka memanfaatkan kecerdasan buatan generatif sebaik-baiknya untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan dan menerima saran tentang segala macam subjek. OpenAI mengatakan bahwa ChatGPT dapat membantu berbagai hal memberikan jawaban instan agar kamu mendapatkan informasi yang tepat tanpa memilah-milah iklan atau banyak hasil.

ChatGPT juga bisa memberikan saran yang disesuaikan ketika kamu mencari panduan tentang memasak, rencana perjalanan, atau menyusun pesan yang bijaksana. Chatbot ini juga bisa memberikan inspirasi kreatif untuk menghasilkan ide hadiah, buat garis besar presentasi, atau tulis puisi yang sempurna.

Selain itu ChatGPT juga dapat memberikan masukan profesional untuk meningkatkan produktivitas dengan umpan balik ide, ringkasan catatan, dan bantuan topik teknis. Yang tak kalah penting, ChatGPT dapat memberikan peluang belajar di mana kamu dapat menjelajahi bahasa baru, sejarah modern, dan lainnya.

Menariknya, ketika menggunakan ChatGPT maka riwayat disinkronkan di seluruh perangkat, sehingga kamu dapat melihat interaksi ChatGPT baik di web maupun di perangkat iOS.

Salah satu fitur yang kurang dikenal dalam aplikasi ini adalah fitur Percakapan Latar Belakang. Pada dasarnya, fitur ini memungkinkan ChatGPT untuk terus memproses dan menanggapi pertanyaan kamu meskipun aplikasi tidak aktif terbuka di layar. Ini berarti kamu dapat beralih ke aplikasi lain atau melakukan tugas lain di iPhone tanpa mengganggu percakapan. Berikut cara menyalakannya.

Berbicara dengan ChatGPT di latar belakang iPhone

Cara berbicara dengan ChatGPT di latar belakang iPhone foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Unduh aplikasi ChatGPT untuk iPhone.

2. Luncurkan aplikasi, lalu masuk ke akun OpenAI kamu atau buat yang baru.

3. Saat layar utama muncul, ketuk ikon headphone di pojok kanan bawah untuk masuk ke Mode Suara.

4. Izinkan ChatGPT terhubung ke Suara. Setelah itu, kamu dapat langsung mulai berinteraksi. Ada kontrol manual yang memungkinkan kamu menjeda, melanjutkan, dan keluar dari percakapan suara. Saat ingin melakukan hal lain di iPhone, cukup geser keluar aplikasi untuk mengaktifkan mode Percakapan Latar Belakang.

ChatGPT sekarang aktif mendengarkan di latar belakang, dan yang perlu kamu lakukan hanyalah mulai berbicara untuk melanjutkan dari bagian terakhir yang kamu tinggalkan. Jika memiliki iPhone dengan Dynamic Island, kamu akan melihat simbol ChatGPT dan ikon mikrofon, yang menunjukkan bahwa iPhone sedang mendengarkan dan siap untuk mengobrol.

Jika kamu mengunci iPhone, mode Percakapan Latar Belakang akan tetap aktif, dan akan muncul sebagai kartu Aktivitas Langsung di Layar Kunci. Artinya, kamu dapat terus berbicara dengan ChatGPT saat sibuk melakukan hal lain, selama iPhone berada di dekat kamu.

OpenAI mengatakan fitur Percakapan Latar Belakang dirancang agar hemat baterai, dan meminimalkan dampak pada masa pakai baterai dengan mengoptimalkan proses latar belakang dan mengurangi penggunaan yang tidak perlu.

Mengubah suara

Cara berbicara dengan ChatGPT di latar belakang iPhone foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Obrolan suara dibuat dengan berbagai pengisi suara dan ada beberapa pilihan jika suara saat ini tidak cocok.

1. Ketuk ikon bilah sisi di sudut kiri atas jendela ChatGPT utama.

2. Ketuk profil akun kamu untuk membuka Pengaturan.

3. Di bawah bagian Mode Suara, ketuk Suara.

4. Pilih dari Breeze, Juniper, Ember, dan Cove. kamu akan mendapatkan sampel suara saat mengetuknya.

5. Tekan Konfirmasi untuk mengonfirmasi pilihan suara kamu.

Tetapkan mode suara ke tombol tindakan iPhone

Cara berbicara dengan ChatGPT di latar belakang iPhone foto: apple

Jika memiliki iPhone dengan Tombol Tindakan seperti model iPhone 15 Pro, misalnya, kamu dapat dengan mudah menetapkan Mode Suara ChatGPT untuk akses cepat.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Ketuk Tombol Tindakan.

3. Gesek ke opsi Pintasan, lalu ketuk pemilih tindakan.

4. Cari ChatGPT, lalu pilih pintasan Mulai percakapan suara.

Sekarang kamu cukup menekan lama tombol Tindakan di iPhone untuk memulai percakapan suara, baik saat berada di aplikasi lain atau jika perangkat kamu terkunci.

Jika memiliki masalah privasi tentang fitur tersebut, tetapi masih ingin menggunakan aplikasi ChatGPT, ada kabar baik. Minggu ini, OpenAI secara diam-diam menerapkan opsi baru untuk mematikan Percakapan di Latar Belakang. Kamu dapat menemukan sakelar di Pengaturan di bawah bagian Mode Suara. Kamu akan tahu bahwa itu dinonaktifkan karena titik oranye yang menunjukkan aktivitas mikrofon tidak akan terlihat di sudut kanan atas layar iPhone.

Mode suara akan menjadi lebih baik

Cara berbicara dengan ChatGPT di latar belakang iPhone foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Beberapa fitur menarik dalam mode suara GPT-4 sudah siap diluncrkan dalam waktu dekat. Ini termasuk kontrol lanjutan untuk mengubah emosi dan nada respons, membuat interaksi terasa lebih alami.

OpenAI juga mengatakan pengembang akan segera mendapatkan akses ke berbagai API yang lebih luas untuk menyesuaikan interaksi suara dengan kebutuhan pengguna dengan lebih baik. Namun kontrol privasi yang lebih mendetail untuk mengelola dan meninjau data suara diluncurkan secara bertahap. Secara keseluruhan, pembaruan ini akan membuat mode suara GPT-4 menjadi lebih fleksibel dan ramah pengguna.

(brl/red)