Cara melacak dan menemukan ponsel Android atau iPhone yang hilang

Cara melacak dan menemukan ponsel Android atau iPhone yang hilang

Techno.id - Saat ini hampir semua orang mengandalkan smartphone untuk membantu menjalankan aktivitas keseharian. Karena itu peran smartphone semakin penting dan jika perangkat itu hilang tentu bisa membuat khawatir, terutama terkait data pribadi.

Tetapi jika kamu telah mempersiapkan dengan mengaktifkan layanan lokasi dan memastikan ponsel Android atau iPhone memiliki masa pakai baterai yang lama, kamu dapat melacak, mengunci, atau menghapusnya dari jarak jauh.

Pertama, pastikan kamu masuk ke akun Google atau Apple. Kemudian, cadangkan ponsel Android atau iPhone sebagai tindakan pencegahan. Jika kehilangan ponsel, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkannya kembali.

Cara menemukan iPhone yang hilang

Cara melacak dan menemukan ponsel Android atau iPhone yang hilang foto: freepik/pe_jo

Untuk menemukan iPhone, iPad, atau perangkat Apple lain yang hilang, kamu memerlukan fitur Lacak yang telah diatur di perangkat. Begini caranya.

1. Cukup ketuk Pengaturan, iCloud lalu gulir ke bawah dan aktifkan Temukan iPhone Saya. Aktifkan juga opsi Kirim Lokasi Terakhir yang akan mengirimkan lokasi terakhir kamu yang diketahui tepat sebelum baterai perangkat mati.

2. Fitur Lacak juga mengharuskan layanan lokasi aktif, yang akan kamu temukan di bawah Setelan > Privasi > Layanan Lokasi.

3. Setelah mengatur Lacak, kamu memiliki dua cara untuk melacak perangkat yang hilang. Pertama, kamu dapat menggunakan aplikasi Lacak di perangkat Apple lain untuk melacak ponsel kamu.

4. Kamu juga dapat masuk ke akun iCloud di browser desktop, lalu ketuk aplikasi Find My.

5. Jika kamu memiliki beberapa perangkat Apple, pilih salah satu yang salah tempat.

6. Setelah memilih ponsel, fitur Lacak akan menunjukkan kepada kamu di peta lokasi terakhir yang diketahui dan menawarkan opsi untuk membunyikan alarm atau menghapus isinya.

Cara menemukan ponsel Android yang hilang

Cara melacak dan menemukan ponsel Android atau iPhone yang hilang foto: play.google.com

Menggunakan fitur Find My Device Google adalah cara termudah untuk melacak ponsel Android, apa pun mereknya. Fitur ini bisa kamu unduh secara gratis dari Google Play Store, dan kamu juga dapat mengakses layanan dengan mengunjungi situs web Find My Device dari browser apa pun. Fitur ini menawarkan opsi untuk menderingkan, mengunci, atau menghapus perangkat kamu, jika perangkat tersebut hilang.

Pilihan lain, jika ponsel kamu dimatikan, adalah memeriksa riwayat lokasi untuk menemukan lokasi terakhir yang dilaporkan. Kamu dapat melakukannya dengan mengunjungi situs web Kontrol Aktivitas Google dan mengetuk Kelola Aktivitas di bawah Riwayat Lokasi.

Kamu sekarang akan melihat peta semua tempat di mana perangkat kamu telah melaporkan lokasinya selama jangka waktu yang dapat ditentukan. Tentu saja, itu hanya jika riwayat lokasi sebelumnya diaktifkan. Lokasi terakhir yang diketahui adalah tempat Google terakhir melihatnya sebelum baterai mati.

Cara menemukan ponsel Samsung yang hilang

Cara melacak dan menemukan ponsel Android atau iPhone yang hilang foto: smartthingsfind.samsung

Selain dapat menggunakan Google Find My Device, ponsel Samsung Galaxy hadir dengan lapisan perlindungan tambahan melalui layanan pelacakan Samsung sendiri.

Untuk memulai, kunjungi situs web SmartThings Find di perangkat apa pun, masuk dengan akun Samsung kamu dan pilih perangkat yang hilang untuk melihat lokasinya di peta. Setelah ponsel ditemukan, kamu dapat membuat telepon berdering, bahkan jika itu pada mode senyap, menguncinya, menampilkan pesan atau mengatur nomor kontak.

Kamu juga akan dapat terus melacak lokasi ponsel setiap 15 menit dan secara permanen menghapus semua data pada perangkat untuk melindungi informasi pribadi kamu. Kehilangan ponsel bisa menjadi petaka, tetapi dengan alat dan pengetahuan yang tepat, kamu memiliki peluang untuk memulihkan dan menemukannya kembali.

Jika perlu tahu cara menemukan ponsel yang hilang, terutama cara melacak ponsel Android atau iPhone, solusi yang disediakan Apple, Google, dan Samsung membuatnya lebih mudah untuk menemukan dan mengamankan perangkat kamu.

(brl/red)