Cara melakukan panggilan darurat dari iPhone atau smartphone Android

Cara melakukan panggilan darurat dari iPhone atau smartphone Android

Techno.id - Setiap smartphone memiliki beberapa bentuk fungsi darurat, jadi luangkan waktu sejenak untuk membiasakan diri dengan cara kerja perangkat kamu. Beberapa ponsel menyediakan pintasan untuk menelepon layanan darurat, misalnya dengan mengetuk tombol daya secara cepat.

Sementara yang lain dapat dikonfigurasi secara otomatis mengirim lokasi kamu saat ini ke teman dan keluarga. Berikut cara melakukan panggilan darurat di iPhone, Huawei, Samsung, dan Xiaomi.

Cara melakukan panggilan darurat di iPhone

Cara melakukan panggilan darurat dari iPhone atau smartphone Android foto: which.co.uk

iPhone memiliki fungsi SOS Darurat bawaan, yang berarti kamu dapat meminta bantuan dengan cepat tanpa harus menelusuri buku kontak. Saat kamu melakukan panggilan melalui mode SOS, iPhone akan secara otomatis menghubungi nomor darurat setempat. Untuk menelepon layanan darurat di iPhone 8 atau versi lebih baru, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Tekan dan tahan salah satu tombol volume (kiri) dan tombol samping (kanan) secara bersamaan. Simbol SOS akan muncul.

2. Seret jari kamu di sepanjang penggeser ini untuk memanggil layanan darurat.

Untuk menelepon layanan darurat di iPhone 7 atau versi lebih lama, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Bangunkan ponsel menggunakan tombol Home atau tombol Power.

2. Ketuk Darurat di sudut kiri bawah layar untuk memunculkan tombol angka.

Kamu juga disarankan untuk menambahkan kontak darurat ke iPhone lebih cepat untuk digunakan nanti. Melakukannya berarti setelah panggilan darurat berakhir, ponsel kamu akan memberi tahu kontak darurat.

Buka aplikasi Kesehatan, ketuk foto profil kamu, pilih ID Medis lalu Edit. Gulir ke Kontak Darurat dan tambahkan kontak. Ketuk Selesai untuk menyimpan perubahan.

Cara melakukan panggilan darurat di Samsung Galaxy

Cara melakukan panggilan darurat dari iPhone atau smartphone Android foto: tangkapan layar

Ada beberapa cara untuk menghubungi layanan darurat jika kamu menggunakan ponsel Samsung. Plus, kamu dapat memasukkan informasi medis dan mendaftarkan kontak darurat.

Untuk menelepon layanan darurat di ponsel Samsung Galaxy, kamu dapat menekan tombol daya lima kali berturut-turut. Atau, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Gunakan tombol daya untuk mengaktifkan layar kunci.

2. Seret ikon dialer telepon ke atas.

3. Pilih opsi Panggilan darurat.

4. Perhatikan jika menggunakan face unlock, kamu mungkin perlu menutupi kamera atau memiringkan ponsel untuk menghindari membuka kunci perangkat menggunakan metode ini.

Menambahkan kontak darurat ke ponsel Galaxy juga cukup mudah. Buka Pengaturan > Keselamatan dan kontak darurat > Darurat. Pilih Tambahkan anggota dan ketik detailnya. Untuk menghubungi kontak darurat dengan cepat, cukup ikuti langkah-langkah di atas lalu ketuk ikon dialpad hijau. Jika ingin memasukkan informasi medis, cukup buka Pengaturan > Keselamatan dan darurat > Info medis.

(brl/red)