Cara melihat notifikasi yang terlewat di ponsel Android

Cara melihat notifikasi yang terlewat di ponsel Android

Techno.id - Notifikasi adalah bagian penting dari pengalaman menggunakan ponsel pintar, terutama untuk pesan teks dan email. Kamu juga bisa mengaktifkan notifikasi untuk aplikasi media sosial seperti Instagram, TikTok, Snapchat, X (sebelumnya Twitter), dan banyak lagi.

Meskipun notifikasi memastikan kamu tidak melewatkan pesan atau pembaruan baru, namun hal ini dapat mengganggu, terutama jika terlalu banyak notifikasi yang muncul di waktu yang sama.

Pada ponsel Android, notifikasi baru dapat dengan mudah dihilangkan dengan mengusapnya di bilah notifikasi. Jika tidak suka melihat berbagai peringatan, kamu bisa menghapus semuanya sekaligus. Menghilangkan notifikasi hampir bersifat naluriah, tetapi terkadang, kamu mungkin secara tidak sengaja menghilangkan notifikasi penting.

Ada cara untuk melihatnya, tetapi waktunya terbatas. Android memiliki fitur yang disebut Riwayat pemberitahuan yang memungkinkan pengguna melihat semua pemberitahuan selama 24 jam terakhir. Tetapi kamu harus mengaktifkan fitur tersebut sebelum dapat memulihkan notifikasi yang hilang.

Cara mengaktifkan riwayat notifikasi di ponsel Android

Cara melihat notifikasi yang terlewat di ponsel Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel Android kamu.

2. Ketuk Pemberitahuan.

3. Ketuk Pengaturan lanjutan atau Pengaturan lainnya.

4. Ketuk Riwayat notifikasi.

5. Nyalakan sakelar di halaman berikutnya.

Cara melihat notifikasi yang terlewat di ponsel Android

Cara melihat notifikasi yang terlewat di ponsel Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Setelah Riwayat notifikasi diaktifkan di ponsel, semua pesan selama 24 jam terakhir akan disimpan. Kamu tidak dapat melihat notifikasi yang lebih lama dari 24 jam, jadi satu-satunya pilihan adalah masuk ke masing-masing aplikasi dari mana notifikasi tersebut berasal dan memeriksanya. Ada dua cara untuk melihat riwayat notifikasi di Android. Cara termudah untuk melakukannya adalah melalui bayangan notifikasi. Berikut caranya.

1. Tarik ke bawah bayangan notifikasi pada ponsel Android.

2. Kamu akan melihat tombol History di sudut kiri bawah bayangan.

3. Ketuk tombol tersebut untuk membuka halaman Riwayat pemberitahuan di aplikasi Pengaturan.

4. Jika kamu tidak melihat tombol Riwayat pada bayangan notifikasi, kamu dapat mengakses Riwayat notifikasi di aplikasi Pengaturan. Buka Pengaturan, ketuk Pemberitahuan, lalu Pengaturan lanjutan atau Pengaturan lainnya. Ketuk Riwayat notifikasi untuk melihat semua notifikasi. Dari sini, kamu dapat mengetuk setiap notifikasi untuk membukanya di aplikasi asalnya.

(brl/red)