Cara mematikan fitur Always On Display di iPhone agar tidak menguras baterai

Cara mematikan fitur Always On Display di iPhone agar tidak menguras baterai

Techno.id - Fitur Always On Display (AOD) di iPhone membuat jam dan layar kunci iOS selalu terlihat setiap saat. Nah jika kamu tidak menginginkannya, kamu bisa menonaktifkan fitur ini menggunakan menu pengaturan.

Untuk mematikan fitur AOD, mulailah dengan membuka Pengaturan di iPhone dan ketuk Tampilan & Kecerahan. Setelah itu gulir melalui pengaturan hingga kamu melihat sakelar untuk Selalu Aktif lalu ketuk untuk mematikannya. Selesai, iPhone kamu dapat mengistirahatkan layarnya.

Menyesuaikan AOD di iPhone

Cara mematikan fitur Always On Display di iPhone agar tidak menguras baterai foto: apple

Jika ingin menyesuaikan fitur AOD untuk menampilkan salah satu atau kedua notifikasi dan wallpaper, berikut caranya. Buka Pengaturan > Always On Display sekali lagi dan aktifkan atau nonaktifkan salah satu opsi penyesuaian.

Dengan tampilkan pemberitahuan (notifikasi) dimatikan, kamu dapat fokus hanya pada waktu dan widget saja. Alihkan Wallpaper sebagai gantinya untuk melihat latar belakang hitam untuk tampilan minimal.

iPhone yang mendukung Always On Display

Cara mematikan fitur Always On Display di iPhone agar tidak menguras baterai foto: apple

Fitur AOD tidak tersedia untuk semua iPhone. Mulai Juni 2024, kamu hanya bisa mengaktifkan fitur ini jika menggunakan iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, iPhone 15 Pro, atau iPhone 15 Pro Max.

Dengan AOD diaktifkan, layar kunci akan tetap menyala dan terlihat bahkan setelah kamu mengunci ponsel. Anda mungkin menemukan fitur ini berguna jika ingin mengawasi waktu atau pemberitahuan tanpa membuka kunci ponsel. Namun konsekuensinya bisa memengaruhi masa pakai baterai.

Kamu juga bisa menggunakan fitur AOD adaptif. Jika kamu membiarkan pengaturan AOD diaktifkan dan kemudian meletakkan iPhone menghadap ke bawah, maka perangkat akan mati secara otomatis. Hal yang sama juga berlaku untuk menyimpan iPhone di tas atau di dalam saku, atau saat menyalakan Mode Daya Rendah.

Apakah fitur AOD menguras baterai iPhone? Apple mengatakan pengurasan daya fitur AOD sangat minimal berkat peredupan layar dan kecepatan refresh yang lebih rendah, tetapi terkadang setiap daya yang digunakan juga diperhitungkan.

Ada banyak cara untuk memperpanjang umur baterai iPhone. Karena itu pastikan kamu mengisi daya dengan cepat dan efisien menggunakan pengisi daya yang baik.

(brl/red)