Cara mematikan tanda terima telah dibaca pada direct message Instagram

Cara mematikan tanda terima telah dibaca pada direct message Instagram

Techno.id - Mirip dengan tanda terima telah dibaca di iMessage, WhatsApp, dan aplikasi obrolan lainnya, Instagram juga memberi tahu pengirim pesan jika kamu telah membaca teksnya dan sebaliknya. Jadi, setelah kamu melihat pesan seseorang, tag Terlihat atau Dibaca muncul di bawahnya, memberi tahu pengirim bahwa kamu telah melihatnya.

Nah setelah kamu membaca pesan langsung (DM), tentu saja si pengirim berharap kamu segera membalas pesan tersebut. Jadi, mematikan tanda terima telah dibaca sangat ideal jika kamu tidak ingin membalas pesan tersebut dengan segera.

Namin jika mematikan tanda terima telah dibaca, maka kamu juga tidak akan tahu apakah pihak lain telah membaca pesan yang kamu kirim. Ini mirip dengan cara kerja tanda terima telah dibaca di WhatsApp dan sebagian besar aplikasi lainnya.

Cara mematikan tanda terima telah dibaca untuk orang tertentu di Instagram

Cara mematikan tanda terima telah dibaca pada direct message Instagram foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika seseorang sering mengirim DM di Instagram, dan kamu tidak ingin merespons setiap saat, maka kamu dapat mematikan tanda terima telah dibaca hanya untuk pengirim khusus ini.

1. Buka Instagram di ponsel kamu dan buka layar obrolan.

2. Ketuk percakapan yang tanda terima bacanya ingin kamu matikan. Jika kamu tidak memiliki obrolan aktif dengan orang ini saat kamu menghapus percakapannya, gunakan bilah pencarian untuk menemukan akunnya dan memulai pesan. Kamu tidak perlu mengirim pesan, tetapi cukup masuk ke layar obrolan bersama. Kamu juga dapat membuka halaman profil orang ini di Instagram dan mengetuk Pesan.

3. Setelah berada di dalam percakapan, ketuk nama orang tersebut.

4. Ketuk Privasi & keamanan.

5. Matikan tanda terima telah dibaca.

Mulai sekarang, orang tersebut tidak akan dapat mengetahui bahwa kamu telah membaca pesannya. Perhatikan bahwa tanda terima telah dibaca selalu dikirim untuk mode menghilang, yang dapat kamu aktifkan dengan menggeser ke atas pada layar percakapan.

Cara mematikan tanda terima telah dibaca untuk semua obrolan Instagram

Cara mematikan tanda terima telah dibaca pada direct message Instagram foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika lebih suka menghapus fitur ini untuk semua percakapan, kamu memiliki sakelar utama yang dapat digunakan.

1. Buka layar profil kamu di aplikasi Instagram.

2. Ketuk ikon menu hamburger (tiga garis vertikal) di kanan atas.

3. Gulir ke bawah dan ketuk Pesan dan balasan cerita.

4. Ketuk Tampilkan tanda terima telah dibaca.

5. Matikan tanda terima telah dibaca.

Sekarang tidak ada yang bisa melihat apakah kamu telah membaca pesan yang dikirim siapa pun. Setelah mematikan tanda terima telah dibaca untuk semua obrolan, setiap orang yang mengirimi kamu pesan tidak akan mengetahui bahwa kamu telah melihat pesannya.

Namun, jika ingin membuat pengecualian untuk seseorang dan memberi tahu mereka bahwa kamu telah membaca pesannya, maka kamu dapat membuka pengaturan obrolan dengan orang tersebut.

Sembunyikan status online dan terakhir dilihat di Instagram

Cara mematikan tanda terima telah dibaca pada direct message Instagram foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Mematikan tanda terima telah dibaca saja tidak cukup. Orang-orang masih dapat melihat saat kamu online di Instagram atau saat terakhir kamu aktif dan mengetahui bahwa kamu memilih untuk tidak membalas pesan mereka.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, kamu dapat menghentikan orang lain melihat saat kamu online atau terakhir aktif di Instagram. Begini caranya.

1. Buka aplikasi Instagram di ponsel kamu dan buka layar profil.

2. Ketuk ikon menu hamburger di kanan atas dan pilih Pengaturan dan privasi.

3. Gulir ke bawah ke menu Pesan dan balasan cerita.

4. Pilih Tampilkan status aktivitas.

5. Matikan sakelar induk Tampilkan Status Aktivitas. Atau, kamu dapat memilih untuk mematikannya hanya saat kamu aktif bersama dalam obrolan yang sama.

Mematikan fitur ini akan meningkatkan privasi kamu dengan membuat siapa pun yang kamu ikuti atau kirimi pesan di Instagram.

(brl/red)