Cara memblokir email seseorang atau layanan yang tidak diinginkan di Gmail

Cara memblokir email seseorang atau layanan yang tidak diinginkan di Gmail

Techno.id -

Terkadang kita perlu memblokir seseorang atau layanan di email untuk menghentikan interaksi yang tidak diinginkan. Mungkin kamu sering mendapatkan email yang tidak jelas, baik itu dari layanan berlangganan atau promo tertentu.

Kendati kamu merasa sudah membatalkan banyak layanan, tetapi email perpanjangan atau peningkatan terus muncul di kotak masuk. Email dari e-commerce juga kerap bikin kesal. Hal ini bisa terjadi ketika kamu membeli sesuatu sekali. Namun tiba-tiba, kotak masuk kamu penuh dengan email harian tentang penjualan kilat dan penawaran khusus.

Email terus berdatangan, mengacaukan kotak masuk dan membuang-buang ruang penyimpanan. Selain mengelola email promosi yang tidak diinginkan, salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari serangan dunia maya seperti penipuan phishing adalah segera memblokir email yang mencurigakan.

Kamu mungkin pernah melihat email yang berpura-pura berasal dari perusahaan terpercaya, meminta kamu memverifikasi akun, setel ulang kata sandi atau konfirmasikan detail pembayaran. Di permukaan, mereka mungkin tampak sah, tetapi jika ditelisik, kamu akan melihat tanda bahaya seperti tata bahasa yang buruk, logo buram, atau alamat pengirim yang mencurigakan. Mengklik salah satu tautan atau lampiran dari email tersebut dapat mengekspos perangkat kamu ke malware atau memberi akses peretas ke informasi pribadi sensitif.

Pemblokiran, dalam segala bentuknya, bukanlah reaksi berlebihan tetapi sarana untuk mengontrol siapa yang mendapatkan akses ke kotak masuk kamu dan mencegah orang melanggar ruang pribadi kamu. Berikut cara memblokir seseorang atau layanan yang tidak jelas di Gmail menggunakan laptop atau smartphone

Kamu dapat dengan mudah memblokir siapa pun di Gmail menggunakan laptop atau ponsel cerdas. Jika menggunakan laptop, yang harus kamu lakukan adalah menyelesaikan langkah-langkah sederhana berikut.

Cara memblokir email seseorang atau layanan yang tidak diinginkan di Gmail foto: tangkapan layar

1. Buka browser pilihan kamu dan masuk ke Gmail.

2. Temukan dan buka email dari pengirim yang ingin kamu.

3. Di sudut kanan atas email, klik tiga titik vertikal untuk membuka menu tarik-turun.

4. Dari menu, pilih opsi Blokir [Pengirim].

5. Sebuah pesan akan muncul meminta kamu untuk mengonfirmasi apakah ingin berhenti menerima pesan dari mereka. Pastikan kamu mengonfirmasi dengan mengklik tombol Blokir.

Prosesnya sama mudahnya di ponsel, baik menggunakan iPhone atau Android. Berikut cara memblokir seseorang menggunakan aplikasi Gmail.

Cara memblokir email seseorang atau layanan yang tidak diinginkan di Gmail foto: tangkapan layar

1. Buka aplikasi Gmail di ponsel.

2. Temukan dan buka email dari orang yang ingin kamu blokir.

3. Ketuk tiga titik horizontal di pojok kanan atas.

4. Dari menu tarik-turun, pilih opsi Blokir [Pengirim].

5. Pesan konfirmasi akan muncul meminta kamu untuk mengonfirmasi apakah ingin berhenti menerima pesan dari mereka. Pastikan kamu mengonfirmasi dengan mengklik tombol Blokir.

Dalam kebanyakan kasus, hanya itu yang perlu kamu lakukan untuk memblokir pengirim dan mencegah pesan email mereka mencapai kotak masuk kamu. Kamu tidak perlu khawatir mereka mengetahuinya. Gmail tidak akan mengirim notifikasi kepada pengirim bahwa kamu telah memblokirnya.

Sebagai gantinya, email apa pun yang kamu terima di masa mendatang akan dialihkan ke folder spam. Meskipun pesan yang tidak diinginkan ini tidak terlihat, sayangnya, pesan tersebut memakan ruang, jadi sebaiknya sesekali merapikan folder spam sehingga kamu tidak kehabisan ruang.

(brl/red)