Cara membuat catatan rapat dengan cepat menggunakan Google Docs
![Cara membuat catatan rapat dengan cepat menggunakan Google Docs](https://cdn-brilio-net.akamaized.net/webp/news/2023/09/17/264361/1200xauto-cara-membuat-catatan-rapat-dengan-cepat-menggunakan-google-docs-230917t.jpg)
foto: freepik
Techno.id - Kamu sering bertugas untuk membuat catatan rapat? Tentu saja pekerjaan tersebut sangat merepotkan. Apalagi jika kamu harus mencatat semua hal penting saat rapat berlangsung. Anda harus tetap terorganisir, mencatat poin-poin penting, termasuk menyempurnakan detail.
Beruntung, saat ini kamu bisa menggunakan templat catatan rapat Google Docs yang dapat menyederhanakan proses notulensi tersebut. Kamu dapat menggunakan templat Google Docs dan fokus pada hal-hal penting.
-
11 Cara gunakan fitur anyar di Google Docs, miliki voice typing Google Docs merupakan aplikasi yang memberikan layanan olah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data.
-
25 Shortcuts di aplikasi Google Docs, bantu permudah kerjakan dokumen Seperti software pada umumnya, terdapat berbagai shortcuts atau jalan pintas untuk mengoperasikan Google Docs.
-
Contoh notulen rapat sekolah, lengkap dengan cara membuatnya Notulen rapat sekolah akan mencatat pokok dari setiap keputusan yang dibuat dalam rapat sekolah.
Templat ini mendapatkan detail rapat dari agenda rapat di Kalender Google yang memungkinkan kamu membuat catatan dengan cepat dan membagikannya dengan rekan kerja. Berikut cara membuat dan membagikan catatan rapat di Google Dokumen.
1. Buka file Google Dokumen.
2. Ketik @ pada dokumen dan pilih Catatan rapat (terletak di bawah Building Blocks) dari menu tarik-turun.
3. Menu yang berisi semua acara dari Kalender Google kamu akan muncul. Pilih rapat atau acara yang relevan.
4. Tambahkan peserta dan mulailah menuliskan catatan.
5. Untuk melampirkan catatan rapat ke acara kalender, klik tombol Lampirkan di sebelah kanan. Ini akan memungkinkan peserta mengakses catatan rapat dari Kalender Google mereka.
6. Kamu juga dapat memilih untuk mengirim catatan rapat melalui email kepada peserta. Untuk melakukannya, klik ikon amplop di sebelah kiri.
7. Kamu juga dapat melampirkan file Drive tambahan ke catatan rapat. Untuk melakukannya, klik tiga titik di sebelah kiri dan klik Lampirkan file Drive.
Cara membuat dan menetapkan item tindakan di Google Dokumen
Selama rapat, tim kamu mungkin akan menyepakati item tindakan tertentu yang perlu diselesaikan. Google Dokumen menyediakan cara sederhana untuk mencatat item tindakan ini dan menugaskannya ke anggota tim tertentu, sehingga mudah ditindaklanjuti. Berikut ini cara untuk melakukannya.
1. Buat daftar tugas yang perlu diselesaikan di bawah Item tindakan.
2. Klik dua kali tugas tersebut untuk menyorotnya.
3. Klik ikon Tambahkan komentar, dan ketik komentar kamu.
4. Di kotak teks yang sama, ketik tanda @ (@) diikuti dengan nama orang yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.
5. Centang kotak centang di kotak komentar untuk menetapkan tugas. Kamu harus mencentang kotak ini agar orang tersebut menerima notifikasi tentang item tindakan.
6. Terakhir, klik Tetapkan.
![Cara membuat catatan rapat dengan cepat menggunakan Google Docs](https://cdn-brilio-net.akamaized.net/news/2023/09/17/264361/paging/cara-membuat-catatan-rapat-230917p.jpg)
Cara membuat catatan rapat
Manfaat menggunakan Google Dokumen untuk pencatatan
Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Google Dokumen untuk mencatat catatan penting dan item tindakan.
1. Kolaborasi real time
Alat kolaborasi real-time Google Docs memungkinkan semua peserta rapat melihat pembaruan, tugas yang diberikan, dan item yang telah diselesaikan saat itu juga.
2. Akuntabilitas yang lebih baik
Menugaskan item tindakan dengan kotak centang kepada anggota tim yang tepat memastikan akuntabilitas dan dapat mendorong tim kamu menyelesaikan tugas tepat waktu.
3. Aksesibilitas jarak jauh
Karena Google Docs berbasis cloud, catatan rapat kamu dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet. Anggota tim dapat meninjau, mengedit, dan melacak catatan dan tugas terlepas dari lokasi fisik mereka.
4. Efisiensi waktu
Antarmuka yang mudah digunakan dan templat pencatatan bawaan membebaskan kamu dari kerumitan mengatur catatan selama rapat. Hal ini memungkinkan kamu untuk berpartisipasi secara aktif dalam rapat alih-alih sibuk dengan pencatatan dan pengaturan.
RECOMMENDED ARTICLE
- 3 Aplikasi alternatif pengganti WordPad yang bisa kamu gunakan di Windows
- 6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder
- Google memperbarui logo dan branding Android dengan desain modern
- Cara mengubah bahasa di Chromebook, kamu dapat memilih prioritas bahasa yang akan ditampilkan
- Cara menghapus file untuk mengosongkan penyimpanan di Chromebook, mudah dan nggak ribet
HOW TO
-
5 Trik membatasi gadget bagi si kecil saat sedang liburan keluarga, ini caranya biar nggak tantrum
-
5 Taktik persiapkan baterai HP agar tidak gampang habis saat liburan, gampang kok!
-
5 Tips juti membuat prompt ChatGPT untuk tugas esai bahasa inggris, makin mudah
-
Panduan lengkap cek Bansos Kemenkos 2025 lewat HP, ternyata gampang
-
5 Cara cek plagiasi esai dengan ChatGPT, mudah dan cepat tanpa rasa khawatir.
TECHPEDIA
-
10 HP Xiaomi in bakal kebagian AI DeepSeek, bisa kalahkan AI dari Google atau ChatGPT?
-
Waspada, undangan pernikahan palsu lewat HP ini berisi virus berbahaya
-
Bocoran Smartphone Samsung layar lipat tiga, dari HP kecil jadi tablet layar lebar
-
Israel pakai spyware serang WhatsApp, targetkan lebih dari 100 jurnalis dan aktivitis
-
Google Doodle rayakan tahun ular dengan permainan klasik tempo dulu, kamu pasti pernah main
LATEST ARTICLE
HOW TO Selengkapnya >
-
5 Trik membatasi gadget bagi si kecil saat sedang liburan keluarga, ini caranya biar nggak tantrum
-
5 Taktik persiapkan baterai HP agar tidak gampang habis saat liburan, gampang kok!
-
5 Tips juti membuat prompt ChatGPT untuk tugas esai bahasa inggris, makin mudah
-
Panduan lengkap cek Bansos Kemenkos 2025 lewat HP, ternyata gampang