Cara memeriksa jumlah, jenis, dan kecepatan RAM di komputer Windows

Cara memeriksa jumlah, jenis, dan kecepatan RAM di komputer Windows

Techno.id - Memori sistem atau RAM adalah bagian penting dari PC mana pun yang menjalankan Windows. Terlalu sedikit RAM, PC kamu mungkin lamban. Sebaliknya, banyak RAM akan membuat kinerja PC kamu menjadi lebih baik. Berikut cara memeriksa berapa banyak RAM yang miliki, termasuk jenis serta kecepatannya di Windows 11.

1. Cara memeriksa jumlah RAM

Cara memeriksa jumlah, jenis, dan kecepatan RAM di komputer Windows foto: tangkapan layar

Untuk memeriksa RAM, luncurkan Pengaturan dengan menekan Windows+i pada keyboard. Saat Pengaturan terbuka, klik Sistem di bilah sisi, lalu pilih Tentang.

Pada layar > Tentang Sistem, perluas bagian Spesifikasi Perangkat di bagian atas daftar dengan mengkliknya. Tepat di bawahnya, kamu akan melihat berapa banyak RAM yang dimiliki PC di bagian RAM Terpasang.

Layar yang sama ini sering berguna karena juga menunjukkan jenis CPU apa yang dimiliki PC dalam kategori Prosesor. Jika kamu perlu menyalin spesifikasi ini untuk membagikannya nanti, klik tombol Salin dan kamu dapat menempelkannya dalam pesan atau email sesuai kebutuhan.

2. Cara memeriksa kecepatan RAM

Cara memeriksa jumlah, jenis, dan kecepatan RAM di komputer Windows foto: tangkapan layar

Mengetahui jenis dan kecepatan RAM di PC sangat penting saat meningkatkan RAM. Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan Task Manager. Untuk melakukannya, pertama buka Task Manager dengan mengklik kanan tombol Start dan memilih Task Manager di menu. Kamu juga dapat menekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.

Saat Task Manager terbuka, klik tombol Performance di sebelah kiri, lalu pilih Memory di bar samping. Jika kamu tidak melihat tab Performance di sebelah kiri, klik ikon hamburger (tiga garis susun vertikal) di sudut kiri atas layar. Pada layar informasi memori, lihat di sudut kanan atas jendela. Di sana, kamu akan melihat total kapasitas RAM PC seperti 16,0 GB. Untuk melihat kecepatan dan jenis memori yang telah kamu pasang, lihat ke tengah bawah tampilan Memori Task Manager.

Di sana, kamu akan menemukan daftar pendek yang memberi tahu kecepatan dan faktor bentuk RAM dan juga berapa banyak slot RAM fisik yang digunakannya. Secara umum, RAM yang lebih cepat akan menghasilkan kinerja yang lebih baik, dan ini adalah peningkatan yang mudah jika kamu ingin meningkatkan kinerja PC. Setelah selesai, tutup Pengelola Tugas.

3. Dapatkan detail selengkapnya menggunakan PowerShell

Cara memeriksa jumlah, jenis, dan kecepatan RAM di komputer Windows foto: tangkapan layar

Antarmuka pengguna di Windows hanya memaparkan begitu banyak informasi tentang RAM. Ini tidak akan memberi tahu kamu jenis RAM. Apakah DDR4 atau DDR5, slot mana yang digunakan pada motherboard, atau apa merek RAM. Jika kamu menginginkan informasi itu, kamu harus menggunakan PowerShell melalui Terminal Windows.

Buka Start Menu dan cari PowerShell, lalu pilih hasil teratas. Kamu juga dapat menekan Window + X dan pilih Terminal. Kamu tidak perlu menjalankan apa pun sebagai administrator, tetapi tidak ada salahnya jika kamu melakukannya.

Tempelkan perintah berikut ke Terminal.

Get-CimInstance win32_physicalmemory | Format-Table Manufacturer, @{Name = Speed;Expression = {$($_.Speed) + MHz}}, @{Name = Capacity;Expression = {$($_.Capacity / 1gb) + GB}}, MemoryType, Banklabel,Devicelocator,Partnumber -autosize

Output dari perintah RAM tersebut

MemoryType harus mengembalikan angka yang memberi tahu kamu jenis RAM apa yang dimiliki. Misalnya, 0 berarti Tidak diketahui, tetapi nilai umumnya adalah 25 (DDR3), 26 (DDR4), atau 27 (DDR5). Jika mengembalikan 0, kamu bisa mencari nomor bagian untuk mencari tahu jenis RAM yang kamu miliki. Periksa kembali kapan saja kamu perlu melihat jenis RAM yang kamu jalankan.

(brl/red)