Cara memperbaiki drive USB eksternal yang tidak terbaca di perangkat Windows   

Cara memperbaiki drive USB eksternal yang tidak terbaca di perangkat Windows   

Techno.id - Tidak jarang pengguna menyimpan berbagai data termasuk tugas pekerjaan di drive USB eksternal. Tujuannya selain ringkas, juga untuk mempermudah memindahkan data ketika dibutuhkan. Tinggal bawa drive USB eksternal, colokkan ke perangkat. Selain itu menyimpan data di drive USB eksternal juga dilakukan sebagai cadangan (back up) data untuk jaga-jaga jika data asli mengalami kerusakan atau hilang.

Namun ketika drive USB tidak muncul saat dihubungkan ke perangkat Windows, bisa bikin frustrasi. Bayangkan jika kamu sudah menyimpan data di drive USB eksternal dan ketika akhirnya mencolokkan drive ke perangkat untuk presentasi, tetapi tidak muncul. Bahkan setelah kamu mencoba beberapa kali, tetap tidak muncul.

Masalah ini sering diikuti pesan kesalahan atau tidak ada respons sama sekali. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya tugas pekerjaan yang sudash kamu buat, produktivitas, dan banyak lagi. Ada beberapa kemungkinan penyebab drive USB tidak muncul di Windows.

Kerusakan perangkat keras seperti drive yang rusak atau port USB yang rusak dapat menjadi penyebab utama. Kemudian, ada masalah perangkat lunak seperti driver usang atau rusak yang dapat menyebabkan komputer tidak mengenali drive eksternal. Selain itu bisa juga disebabkan sistem file drive USB mungkin rusak atau tidak didukung Windows. Terkadang, drive USB tidak muncul jika ada konflik dengan huruf drive. Berikut cara memperbaiki masalah yang menjengkelkan ini.

1. Lakukan pemeriksaan awal

Cara memperbaiki drive USB eksternal yang tidak terbaca di perangkat Windows foto: freepik

Terkadang, masalahnya mungkin tidak besar dan dapat diselesaikan dengan beberapa pemeriksaan dasar. Jika kamu belum melakukannya, mulailah dengan menghubungkan USB ke port lain. Ada kemungkinan port yang digunakan rusak atau diblokir. Jika perangkat kamu hanya memiliki satu port, gunakan kain kering untuk menghilangkan kotoran atau penyumbatan, lalu masukkan kembali USB.

Selanjutnya, hubungkan drive USB ke perangkat lain, mungkin dengan OS yang berbeda. Jika muncul di perangkat itu, masalahnya mungkin ada di komputer, bukan drive USB. Jika tidak, itu masalah format atau drive rusak.

Beberapa hard disk eksternal memerlukan sumber daya terpisah untuk dihidupkan. Jika kamu menggunakan drive seperti itu, pastikan sumber daya aktif, sehingga PC kamu dapat mengenalinya. Jika kamu menggunakan hub USB karena port USB tidak mencukupi dan telah menghubungkan drive ke hub, coba sambungkan langsung ke port perangkat. Hub USB terkadang tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

Terakhir, periksa apakah drive kamu muncul di Windows Manajemen Disk. Klik kanan tombol Start dan pilih Disk Management dari menu. Lihat apakah drive USB tampil. Jika ya, kamu mungkin perlu memformatnya atau menetapkannya sebagai huruf.

2. Tetapkan huruf drive menggunakan alat Disk Management

Cara memperbaiki drive USB eksternal yang tidak terbaca di perangkat Windows foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Windows memiliki alat Manajemen Disk luar biasa yang memungkinkan kamu mengelola penyimpanan internal dan eksternal pada PC. Dengan itu, kamu juga dapat membuat atau menghapus partisi hard disk. Jika drive muncul di Manajemen Disk tetapi tidak di File Explorer, mungkin drive disembunyikan karena tidak ada huruf yang ditetapkan untuknya.

Ada kemungkinan bahwa drive USB diberi huruf yang sudah digunakan drive lain, atau keliru dihapus karena perubahan dalam registri atau kebijakan grup. Untuk memperbaikinya, kamu dapat menetapkan huruf secara manual ke drive. Berikut cara melakukannya.

1. Tekan Windows + X pada keyboard dan pilih Manajemen Disk dari Menu Daya.

2. Cari drive USB, yang tidak memiliki huruf yang ditetapkan untuk itu.

3. Klik kanan dan pilih opsi Change Drive Letters and Paths.

4. Klik tombol Tambah untuk melanjutkan.

5. Sekarang, perluas menu tarik-turun di sebelah opsi "Tetapkan huruf drive berikut".

6. Pilih salah satu huruf yang belum ditetapkan untuk drive USB dan tekan OK.

Itu saja. Luncurkan Windows File Explorer, dan drive USB kamu akan muncul. Klik dua kali untuk memeriksa apakah itu dapat diakses.

(brl/red)