Cara memperbaiki iPhone tidak bisa di-charge, periksa adaptor hingga kabel pengisi daya

Cara memperbaiki iPhone tidak bisa di-charge, periksa adaptor hingga kabel pengisi daya

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami masalah iPhone yang tidak bisa mengisi daya. Padahal kamu merasa sudah menyolokkan dengan benar adaptor pengisi daya atau menggunakan pengisi daya nirkabel, tetapi baterai iPhone tetap belum terisi.

Masalah pengisian daya iPhone yang tidak berfungsi dengan baik bisa disebabkan berbagai faktor. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

1. Gunakan perangkat pengisi daya lain

Cara memperbaiki iPhone tidak bisa di-charge, periksa adaptor hingga kabel pengisi daya   foto: freepik/eyeem

Salah satu teknik paling mendasar dalam pemecahan masalah adalah dengan menggunakan perangkat pengisian daya lain. Ambil perangkat pengisian daya mulai dari adaptor hingga kabel yang menurut kamu berfungsi baik. Kamu bisa meminjam milik anggota keluarga yang lain atau teman.

Coba tukar kabel lama kamu dengan yang baru. Jika proses pengisian daya berfungsi dengan kabel baru, masalahnya adalah kabel lama. Begiu juga dengan adaptor pengisian daya. Coba adaptor dinding, hub USB, port USB komputer, atau stopkontak yang berbeda.

2. Mulai ulang iPhone

Cara memperbaiki iPhone tidak bisa di-charge, periksa adaptor hingga kabel pengisi daya   foto: freepik/eyeem

Perangkat lunak iPhone Apple terkadang bingung tentang operasi pengisian daya karena kesalahan, atau bug, dalam pemrogramannya. Terkadang perangkat lunak itu mogok dan berhenti berfungsi dengan baik. Cara terbaik untuk memperbaikinya sementara adalah dengan me-restart ponsel.

Di iOS 18, kamu dapat memulai ulang iPhone dari Pusat Kontrol. Cukup geser untuk membuka Pusat Kontrol, lalu ketuk dan tahan ikon Daya di pojok kanan atas. Setelah beberapa saat, kamu akan melihat layar Slide to Power Off muncul. Geser jari di layar untuk mematikan ponsel.

Jika iPhone kamu menjalankan perangkat lunak lama, cukup buka Pengaturan > Umum > Matikan atau tekan tombol Daya hingga layar Geser ke Matikan muncul.

Setelah layar menjadi hitam, tahan tombol Samping hingga logo Apple muncul di tengah layar. Setelah telepon selesai dinyalakan, coba isi daya ponsel dan lihat apakah berfungsi. Setelah memulai ulang, ada baiknya untuk melihat apakah ada pembaruan iOS yang dapat memperbaiki masalah pengisian daya.

3. Perbarui sistem operasi

Cara memperbaiki iPhone tidak bisa di-charge, periksa adaptor hingga kabel pengisi daya   foto: freepik/mrdm

Perangkat lunak yang mengontrol pengisian daya di iPhone dapat memiliki kesalahan yang tertulis di dalamnya. Terkadang Apple menangkap kesalahan ini dan memperbaikinya dengan pembaruan.

Baterai iPhone harus terisi 60 persen atau lebih tinggi untuk memperbarui. Apple mewajibkan ini karena jika baterai mati saat memperbarui, maka dapat merusak ponsel. Untuk memperbarui iPhone buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk melihat apakah pembaruan perangkat lunak iOS tersedia. Tunggu hingga telepon dimulai ulang, lalu coba isi daya telepon lagi.

4. Periksa kabel pengisi daya

Cara memperbaiki iPhone tidak bisa di-charge, periksa adaptor hingga kabel pengisi daya   foto: freepik/vershinin89

Jika memulai ulang dan memperbarui ponsel tidak membantu, inilah saatnya untuk mulai melihat potensi masalah perangkat keras. Bergantung pada model iPhone, kamu dapat menggunakan Lightning atau kabel USB-C untuk mengisi dayanya.

Lihat seluruh panjang dan kedua ujungnya untuk memeriksanya. Apakah konektor kabel berjumbai atau putus? Apakah ada kabel terbuka yang keluar dari isolasi di mana saja di sepanjang kabel? Atau apakah kabel tertekuk atau bengkok pada sudut yang tajam?

Jika ada masalah tersebut, maka kamu harus mengganti kabel yang bermasalah dengan yang baru. Ketika kabel di dalam kabel Lightning atau USB-C putus, maka akan mengganggu sirkuit pengisian daya dan akan membuat iPhone tidak mengisi daya dengan benar. Ini adalah masalah yang sangat umum dengan kabel pengisi daya Lightning Apple, yang terbuat dari jenis plastik karet lunak yang pecah seiring waktu.

Pada kabel Lightning, kamu juga dapat melihat kontak berwarna emas pada konektor. Apakah kotor atau berubah warna? Jika demikian, kamu dapat menggosokkan penghapus pensil biasa di atasnya untuk membersihkan kotoran. Penghapus cukup abrasif untuk menggosok kotoran tanpa merusak kontak logam. Pastikan kamu membersihkan sisa karet penghapus sebelum memasukkan konektor ke iPhone untuk diuji.

(brl/red)