Cara memperbaiki iPhone tidak bisa mengisi daya, periksa kabel dan adaptor  

Cara memperbaiki iPhone tidak bisa mengisi daya, periksa kabel dan adaptor  

Techno.id - Daya baterai sangat diperlukan untuk mengoperasikan smartphone, termasuk iPhone. Tanpa daya baterai yang memadai, iPhone tidak akan bekerja secara optimal. Namun ada kalanya pengguna mengalami masalah ketika iPhone mereka tidak bisa diisi daya meski sudah dicolokkan ke sumber daya listrik. Saat mengalami masalah tersebut, jangan panik.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi penyebab masalah. Di bawah ini adalah kumpulan penyebab paling umum ponsel yang tidak dapat mengisi daya. Identifikasi komponen mana yang menjadi masalah dan bekerja dari sana. Sebelum kamu mulai memecahkan masalah, pastikan untuk memeriksa apakah masalah yang relevan dengan kesulitan kamu.

1. Masalah firmware

Cara memperbaiki iPhone tidak bisa mengisi daya, periksa kabel dan adaptor foto: freepik/eyesartist

Jika iPhone kamu berhenti mengisi daya tanpa alasan yang jelas, misalnya kamu tidak menjatuhkannya, memaparkannya ke air, atau mengalami kerusakan lain sejak terakhir kali dihidupkan, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan firmware. Kamu harus melakukan restart paksa untuk mengeluarkan ponsel dari loop firmware yang buruk. Yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan iPhone/iOS kamu.

Untuk iPhone 8, X, 11, 12, 13, SE (Generasi ke-2), dan SE (Generasi ke-3) atau yang lebih baru

1. Tekan dan segera lepaskan tombol volume naik.

2. Tekan dan segera lepaskan tombol volume turun.

3. Tekan dan tahan tombol daya.

4. Logo apel akan muncul setelah sekitar 10 detiksetelah muncul, lepaskan tombol daya.

Untuk iPhone 7

1. Tekan dan tahan tombol daya volume turun dan samping secara bersamaan.

2. Logo apel akan muncul setelah sekitar 10 detiksetelah muncul, lepaskan kedua tombol.

Untuk iPhone 6, 6s, dan SE (Generasi ke-1)

1. Tekan dan tahan tombol daya samping dan tombol home secara bersamaan.

2. Logo apel akan muncul setelah sekitar 10 detiksetelah muncul, lepaskan kedua tombol.

2. Kabel pengisi daya buruk

Cara memperbaiki iPhone tidak bisa mengisi daya, periksa kabel dan adaptor foto: freepik/vershinin89

Jika akhirnya kabel pengisi daya menjadi penyebab iPhone tidak dapat mengisi daya, kamu beruntung, karena mengganti kabel pengisi daya adalah perbaikan termudah.

Pertama, periksa kabel secara visual apakah ada kabel yang berjumbai, terbuka, atau kerusakan pada konektornya. Jika tidak ada yang salah secara visual dengan kabel, kamu harus menjalankan satu atau dua tes cepat sebagai gantinya.

Cara tercepat untuk menguji apakah kabel pengisi daya adalah dengan meminjam kabel yang berfungsi dari teman atau rekan kerja. Lihat apakah kabel tersebut membuat perbedaan. Kamu juga perlu menguji adaptor atau stopkontak untuk melihat apakah adaptor atau stopkontak juga menjadi akar masalah.

3. Port pengisian kotor

Cara memperbaiki iPhone tidak bisa mengisi daya, periksa kabel dan adaptor foto: freepik/goodmood_studio

Port pengisian daya yang kotor juga dapat menjadi penyebab arus listrik tidak bisa masuk ke dalam perangkat. Gunakan sikat gigi, tusuk gigi, atau alat non-konduktif baru untuk membersihkan serat atau kotoran yang mungkin terperangkap di dalam port pengisian daya. Setelah port bersih, colokkan iPhone dan lihat apakah masalah telah teratasi. Jika pembersihan sederhana tidak berhasil, ada kemungkinan port pengisian daya tidak berfungsi dan perlu diganti.

(brl/red)