Cara memperbaiki kesalahan file atau direktori rusak dan tidak dapat dibaca di Windows 10

Cara memperbaiki kesalahan file atau direktori rusak dan tidak dapat dibaca di Windows 10

Techno.id - Apakah kamu pernah mengalami kesalahan file atau direktori rusak dan tidak dapat dibaca (0x80070570) yang membuat frustrasi di Windows? Kesalahan ini sering muncul saat kamu mencoba mengakses, menyalin, atau menghapus file di hard drive eksternal. Nah jika mengalami masalah tersebut, jangan langsung panik. Ada beberapa cara untuk memperbaikinya.

1. Perbaiki file sistem dengan pemindaian SFC

Cara memperbaiki kesalahan file atau direktori rusak dan tidak dapat dibaca di Windows 10 foto: tangkapan layar

File sistem yang rusak atau hilang terkadang dapat memicu kesalahan file atau direktori rusak dan tidak dapat dibaca di Windows. System File Checker (SFC) adalah alat baris perintah praktis yang dapat memeriksa dan memperbaiki file sistem bermasalah yang mungkin menyebabkan masalah operasi file. Untuk menjalankan pemindaian pemeriksa file sistem, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Tekan Win + S untuk membuka menu pencarian.

2. Ketik cmd di kotak dan pilih Jalankan sebagai administrator.

3. Ketik sfc /scannow dan tekan Enter.

4. Run SFC Scan on Windows

Tunggu hingga pemindaian selesai, lalu mulai ulang PC kamu. Setelah itu, periksa apakah kesalahan muncul lagi.

2. Manfaatkan alat periksa disk

Cara memperbaiki kesalahan file atau direktori rusak dan tidak dapat dibaca di Windows 10 foto: tangkapan layar

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah memindai drive eksternal dengan alat CHKDSK. Jika kesalahan disebabkan bad sector atau kesalahan direktori di dalam drive, alat ini akan membantu memperbaikinya.

Untuk menjalankan pemindaian, kamu harus menghubungkan drive eksternal ke PC dan menentukan huruf drive-nya dalam perintah. Misalnya, perintah CHKDSK untuk memindai drive D: eksternal adalah chkdsk d: /f /r

Windows akan memindai drive untuk sektor buruk, kesalahan direktori, atau kluster yang hilang. Bergantung pada kecepatan baca dan ukuran data drive, ini mungkin memakan waktu cukup lama.

3. Coba pindahkan file ke lokasi lain

Cara memperbaiki kesalahan file atau direktori rusak dan tidak dapat dibaca di Windows 10 foto: freepik

Apakah kode kesalahan 0x80070570 hanya muncul saat kamu mencoba membuka file tertentu? Jika demikian, kamu dapat mencoba pindah ke drive internal dan melihat apakah itu membantu.

Kamu dapat melakukannya dengan mengklik kanan file yang terpengaruh dan memilih Cut atau Copy. Kemudian, buka folder di drive internal PC, klik kanan lagi, dan pilih Tempel. Setelah ini, kamu harus dapat membuka file tanpa kesalahan.

4. Periksa komputer dari malware dan nonaktifkan antivirus

Cara memperbaiki kesalahan file atau direktori rusak dan tidak dapat dibaca di Windows 10 foto: tangkapan layar

Jika kamu melihat masalah lain di komputer, bukan hanya ketidakmampuan untuk mengakses hard drive eksternal, PC kamu mungkin memiliki malware. Kamu dapat menggunakan program antivirus pihak ketiga atau alat Keamanan Windows bawaan untuk memeriksanya. Untuk melakukannya, gunakan langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Keamanan Windows menggunakan menu pencarian.

2. Buka tab Perlindungan virus & ancaman.

3. Klik Opsi pindai, pilih Pemindaian penuh, dan tekan tombol Pindai sekarang.

4. Setelah pemindaian selesai, restart komputer kamu dan coba akses hard drive eksternal.

Ada juga kemungkinan perisai antivirus PC kamu menghambat pengoperasian file dan menyebabkan kesalahan 0x80070570. Ini bisa terjadi jika perangkat lunak antivirus kamu salah menandai file yang kamu coba transfer antar drive sebagai mencurigakan. Coba nonaktifkan sementara Microsoft Defender sebelum melakukan operasi file dan lihat apakah itu berhasil.

Jika memiliki alat antivirus pihak ketiga di PC, klik kanan ikonnya di baki sistem dan pilih opsi untuk menonaktifkan atau menonaktifkan perlindungan perisai.

(brl/red)