Cara memperbaiki kesalahan “Perubahan Jaringan Terdeteksi” di Chrome

Cara memperbaiki kesalahan “Perubahan Jaringan Terdeteksi” di Chrome

Techno.id - Meskipun Chrome adalah browser paling popular di dunia, namun terkadang muncul masalah yang bikin pusing. Salah satunya kesalahan koneksi. Saat menggunakan Chrome, mungkin kamu pernah menemukan notifikasi yang menyebutkan Koneksi Anda terganggu: perubahan jaringan terdeteksi, ERR_NETWORK_CHANGED.

Jika menghadapi kondisi seperti itu, jangan panik. Kamu bisa melakukan perbaikan dengan menggunakan beberapa cara seperti di bawah ini.

1. Matikan dan buka kembali Chrome

Cara memperbaiki kesalahan Perubahan Jaringan Terdeteksi di Chrome foto: freepik/fazriyabegum82

Perbaikan cepat pertama dalam daftar ini mungkin yang paling sederhana. Meskipun metode ini tidak 100% efektif, terkadang dapat menyelesaikan masalah browser yang tampaknya rumit, seperti pesan perubahan jaringan. Jadi, sebelum mengubah pengaturan browser atau perangkat, coba matikan dan buka kembali browser Chrome kamu.

2. Hapus riwayat penjelajahan

Cara memperbaiki kesalahan Perubahan Jaringan Terdeteksi di Chrome foto: tangkapan layar

Menghapus data penjelajahan sering kali merupakan perbaikan tak terduga untuk berbagai masalah yang mungkin kamu temui saat menggunakan Chrome atau browser apa pun pada umumnya. Jadi, yang terbaik adalah memulai dengan menghapus data penjelajahan untuk menghilangkan kemungkinan masalah yang mengintai.

Kamu dapat melakukannya dengan mengklik tiga titik vertikal di kanan atas jendela Chrome. Kemudian, gulir ke bawah ke tab Riwayat. Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman di pengaturan Chrome dan kamu dapat melihat riwayat.

Di sebelah kiri daftar penelusuran, kamu akan melihat tombol Hapus data penjelajahan, klik dan sebuah jendela akan muncul, yang memungkinkan kamu memilih jenis data pencarian yang ingin dihapus. Disarankan kamu menghapus riwayat pencarian, cookie, dan cache untuk memperbaiki kesalahan jaringan ini.

3. Periksa pengaturan proxy

Cara memperbaiki kesalahan Perubahan Jaringan Terdeteksi di Chrome foto: tangkapan layar

Server proxy bertindak sebagai gateway antara kamu dan Internet. Ini sering digunakan untuk alasan keamanan dan privasi, tetapi dapat menyebabkan masalah pada koneksi jaringan. Begini cara memeriksa pengaturan proxy.

1. Klik tiga titik vertikal di kanan atas layar.

2. Kemudian, klik tab Pengaturan pada daftar drop-down, diikuti dengan tab Lanjutan di sisi kiri jendela pengaturan.

3. Selanjutnya, di bawah tab Sistem, klik Buka pengaturan proxy komputer.

4. Kamu juga bisa masuk ke pengaturan perangkat dan mengetik proxy di bilah pencarian. Di sini, kamu dapat melihat apakah menggunakan server proxy dan menonaktifkannya jika sudah menggunakannya.

4. Perbarui perangkat lunak perangkat

Cara memperbaiki kesalahan Perubahan Jaringan Terdeteksi di Chrome foto: tangkapan layar

Memperbarui semua perangkat lunak dan driver komputer dapat membantu kamu memperbaiki kode kesalahan ERR_NETWORK_CHANGED di Chrome.

Jika tidak yakin apakah perangkat diperbarui, kamu dapat memeriksanya dengan membuka pengaturan dan melihat bagian Pembaruan Perangkat Lunak di iOS dan Android, atau bagian Pembaruan & Keamanan di PC Windows.

5. Mulai ulang router Wi-Fi

Cara memperbaiki kesalahan Perubahan Jaringan Terdeteksi di Chrome foto: freepik/rawpixel.com

Dalam hal masalah terkait jaringan, memulai ulang router dapat membantu. Jadi, jika browser menampilkan pesan Perubahan jaringan terdeteksi, coba matikan router selama satu menit lalu reboot. Ini semudah melepas kabel daya dari bagian belakang modem dan mencolokkannya kembali segera setelah itu.

(brl/red)