Cara memperbaiki masalah laptop yang terus bangun dari mode tidur dengan sendirinya

Cara memperbaiki masalah laptop yang terus bangun dari mode tidur dengan sendirinya

Techno.id - Mode Tidur (Sleep Mode) adalah fitur praktis di Windows yang memungkinkan kamu menghemat daya tanpa mematikan PC sepenuhnya. Fitur ini sangat berguna ketika kamu ingin menjauh dari meja selama beberapa jam dan tidak ingin menutup semua aplikasi dan program atau pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Tetapi bagaimana jika PC Windows terus bangun dari mode tidur dengan sendirinya?

Perilaku tak terduga seperti itu bisa mengganggu, terutama jika terjadi di tengah malam atau ketika kamu ingin komputer tetap mati. Masalah ini juga dapat menyebabkan PC kamu tetap terjaga secara tidak perlu, menguras daya dan berpotensi menyebabkan masalah lain. Meskipun masalahnya mungkin tampak acak, biasanya ada alasan logis di baliknya, mulai dari pengaturan sistem hingga gangguan dari perangkat eksternal.

Untungnya, kamu tidak perlu mematikan PC setiap saat. Ada beberapa penyebab umum di balik PC Windows bangun dengan sendirinya.

Penyebab Windows terus bangun dari mode tidur

Cara memperbaiki masalah laptop yang terus bangun dari mode tidur dengan sendirinya foto: freepik/boykoimages

PC Windows bangun dari mode tidur secara tiba-tiba karena berbagai alasan. Misalnya, pengatur waktu bangun di Windows dapat secara otomatis membangunkan PC untuk melakukan tugas terjadwal yang ditetapkan Windows atau kamu sendiri. Aktivitas terkait jaringan juga dapat membuat PC keluar dari mode tidur.

Fitur yang disebut Wake on LAN memungkinkan perangkat jaringan yang terhubung membangunkan komputer dari jarak jauh. Meskipun ini bisa berguna ketika kamu mau akses PC dari jarak jauh, namun opsi tersebut bisa mengganggu jika tidak terduga.

Selain itu, perangkat USB seperti keyboard, mouse, atau drive eksternal juga dapat menyebabkan PC terbangun. Bahkan gerakan mouse yang kecil dan tidak disengaja atau aktivitas dari perangkat yang terhubung ke USB dapat memicu sistem untuk keluar dari mode tidur.

Terakhir, pengaturan manajemen daya pada PC Windows kamu mungkin dikonfigurasi untuk mengizinkan gangguan ini. Selain itu masalah ini juga dapat terjadi jika program pihak ketiga berjalan di latar belakang atau dijadwalkan untuk melakukan tugas pada waktu tertentu.

Temukan proses atau perangkat yang menyebabkan komputer bangun dari Mode Tidur

Cara memperbaiki masalah laptop yang terus bangun dari mode tidur dengan sendirinya foto: tangkapan layar

Kabar baiknya, kamu tidak perlu menebak apa yang menyebabkan komputer keluar dari mode tidur. Windows dapat memberi tahu dengan tepat apa yang membangunkannya. Untuk itu, kamu hanya perlu menjalankan perintah cepat di Command Prompt menggunakan langkah-langkah berikut.

1. Tekan Windows + S untuk membuka menu pencarian.

2. Ketik command prompt di kotak teks dan pilih Run as administrator.

3. Pilih Ya saat perintah Kontrol Akun Pengguna (UAC) muncul.

4. Ketik perintah powercfg -lastwake dan tekan Enter.

Command Prompt akan memberi nama perangkat atau proses yang membangunkan sistem. Perhatikan bahwa kamu akan melihat Jumlah Riwayat Bangun0 jika Windows tidak memiliki data apa pun. Setelah mengidentifikasi perangkat yang menyebabkan bangun yang tidak diinginkan, berikut cara menghentikannya.

1. Klik kanan pada ikon Mulai dan pilih Device Manager dari daftar.

2. Temukan perangkat yang bermasalah, klik kanan, dan pilih Properti.

3. Buka tab Manajemen Daya dan hapus centang pada kotak Izinkan perangkat ini membangunkan computer. Kemudian, klik OK untuk menyimpan perubahan.

(brl/red)