Cara memperbaiki peringatan “Unduhan Tidak Aman Diblokir” di Chrome

Cara memperbaiki peringatan “Unduhan Tidak Aman Diblokir” di Chrome

Techno.id -

Jika kamu melihat ada peringatan Unduhan Tidak Aman Diblokir di Chrome saat hendak mengunduh sesuatu, hal tersebut dimaksudkan untuk melindungi kamu. Selain itu peringatan tersebut juga memberitabhu jika unduhan tersebut dapat mengganggu pengunduhan yang sah.

Nah jika kamu mengalami masalah ini, berikut cara melewati fitur tersebut dengan aman dan mengakses file yang kamu butuhkan tanpa mengorbankan keamanan online.

Nonaktifkan sementara fitur "Penjelajahan Aman" Chrome

Cara memperbaiki peringatan Unduhan Tidak Aman Diblokir di Chrome foto: tangkapan layar

Sebelum melewati peringatan Unduhan Tidak Aman Diblokir Chrome, periksa beberapa hal sebelum mengunduh file, seperti sumber resmi, usia domain situs, dan banyak lagi.

Jika kamu yakin file tersebut sah, maka dapat menonaktifkan sementara fitur Penjelajahan Aman Chrome untuk melewati peringatan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan Safe Browsing.

1. Buka Chrome dan klik ikon menu (tiga titik di pojok kanan atas).

2. Navigasikan ke Pengaturan > Privasi dan keamanan, lalu pilih Keamanan di panel tengah.

3. Pilih Tidak ada perlindungan dari opsi Penjelajahan Aman dan klik tombol Matikan pada layar pop-up.

Ingatlah untuk membuat penjelajahan kamu lebih aman dengan mengaktifkan kembali Penjelajahan Aman setelah unduhan selesai.

Unduh melalui Mode Penyamaran dengan Safe Browsing dinonaktifkan

Cara memperbaiki peringatan Unduhan Tidak Aman Diblokir di Chrome foto: tangkapan layar

Terkadang, peringatan Unduhan Tidak Aman Diblokir mungkin disebabkan ekstensi, terutama plugin keamanan. Untuk mengatasi masalah ini, unduh file dalam Mode Penyamaran. Itu karena ekstensi dinonaktifkan dalam mode ini, kecuali diizinkan secara eksplisit. Berikut cara mengunduh file melalui Mode Penyamaran.

1. Buka Google Chrome dan klik ikon menu (tiga titik).

2. Pilih Jendela Penyamaran Baru (New Incognito).

3. Dari sana, navigasikan ke tautan target dan coba unduh. Saat melakukannya, ingatlah bahwa kamu masih perlu mematikan Safe Browsing saat dalam Mode Penyamaran.

Sekarang, mungkin kamu bertanya-tanya mengapa Chrome memblokir unduhan sejak awal. Di masa lalu, ini agak tidak jelas. Namun menurut laporan The Verge, pembaruan terbaru Chrome memberikan peringatan yang lebih rinci untuk unduhan yang mencurigakan, yang dapat membantu kamu membuat keputusan yang tepat.

Saat menemukan peringatan ini, Chrome menawarkan penjelasan yang lebih jelas dan mungkin meminta untuk memindai file yang dilindungi sandi untuk malware. Jika kamu mengaktifkan Perlindungan yang Ditingkatkan, file akan dipindai di cloud. Ini secara signifikan meningkatkan kemungkinan mendeteksi ancaman.

Untuk informasi selengkapnya tentang alasan download kamu mungkin diblokir, lihat dukungan Chrome. Tetapi jika kamu yakin file tersebut aman, maka dapat mencegah unduhannya diblokir dengan menggunakan salah satu dari dua metode di atas.

(brl/red)