Cara memulihkan file yang dihapus di Google Drive

Cara memulihkan file yang dihapus di Google Drive

Techno.id - Google Drive memiliki beberapa fitur pemulihan file yang luar biasa. Jika Kamu tidak sengaja menghapus file, selalu dapat menemukannya di tempat sampah. Bahkan jika kamu mengosongkan sampah, masih ada cara untuk mendapatkannya kembali. Begini caranya.

Memulihkan dari tempat sampah

Cara memulihkan file yang dihapus di Google Drive foto: tangkapan layar

Saat menekan tombol Hapus pada file atau memilih Pindahkan ke Sampah dari menu konteks, file akan masuk ke Sampah. Folder ini menyimpan file untuk sementara jika kamu membutuhkannya kembali.

Kamu harus mengklik tombol Kosongkan Sampah untuk menghapus file itu secara permanen. Atau kamu dapat menunggu 30 hari hingga Google Drive menghapusnya secara otomatis dari sampah.

Kamu memiliki waktu 30 hari untuk memulihkan file setelah memindahkannya ke Sampah. Masuk ke Google Drive dan temukan tab Sampah di panel menu di sebelah kiri. Kamu akan menemukan semua file sampah di sini. Jika folder sampah terlalu berantakan, kamu dapat mengurutkan berdasarkan jenis file atau tanggal pembuatannya.

Setelah mengurutkannya, yang harus kamu lakukan adalah memilih setiap berkas yang ingin dipulihkan. Kamu dapat memilih beberapa file dengan menyeret mouse atau menahan Ctrl sambil mengklik.

Bilah dengan dua ikon akan muncul di bagian atas. Klik ikon pulihkan untuk mengirim file kembali ke tujuan aslinya. Atau, kamu dapat mengklik tiga titik pada file dan memilih Pulihkan.

(brl/red)