Cara mencadangkan dan memulihkan WhatsApp ke Google Drive

Cara mencadangkan dan memulihkan WhatsApp ke Google Drive

Techno.id - WhatsApp di Android memungkinkan kamu mencadangkan riwayat obrolan dan konten multimedia ke Google Drive. Opsi ini memastikan kamu memiliki salinan cloud dari semua percakapan. Sangat mudah untuk membuat dan memulihkan cadangan ini. Begini cara melakukannya.

Cara mencadangkan WhatsApp ke Google Drive

Untuk menyimpan cadangan WhatsApp di Google Drive, pertama-tama, pastikan kamu memiliki cukup penyimpanan gratis yang tersedia di akun Google. Salah satu cara untuk memeriksanya adalah dengan meluncurkan aplikasi Google Drive di ponsel dan mengetuk menu hamburger (tiga garis horizontal). Kamu akan melihat ruang kosong dan ruang yang tersedia di akun kamu.

Setelah mengonfirmasi bahwa ruang penyimpanan cukup tersedia, luncurkan WhatsApp di ponsel Android. Di pojok kanan atas aplikasi, ketuk tiga titik dan pilih Pengaturan.

Pada halaman Pengaturan, pilih Obrolan. Pada layar berikutnya, di bagian Obrolan yang Diarsipkan, ketuk Cadangan Obrolan.

Cara mencadangkan dan memulihkan WhatsApp ke Google Drive foto: tangkapan layar

Kamu akan membuka halaman Cadangan Obrolan. Di sini, ketuk Akun Google dan pilih akun tempat Anda ingin menyimpan cadangan.

Setelah memilih akun Google, kamu akan melihat permintaan otorisasi di layar. Di sini, Google menanyakan apakah kamu ingin WhatsApp mengakses dan menyimpan file di akun kamu. Konfirmasikan tindakan dengan memilih Lanjutkan.

Kembali ke layar Cadangan Obrolan, ketuk Frekuensi, dan pilih seberapa sering kamu ingin WhatsApp membuat dan menyimpan cadangan di Google Drive. Memilih Tidak Pernah tidak akan pernah membuat cadangan apa pun, dan memilih Hanya Saat Saya Mengetuk Cadangan hanya akan membuat cadangan saat kamu meluncurkan WhatsApp dan memicu cadangan secara manual.

Untuk memastikan video disertakan dalam cadangan, aktifkan opsi Sertakan Video. Secara default, WhatsApp hanya akan mengunggah cadangan saat kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi. Untuk membuatnya mengunggah cadangan bahkan saat kamu menggunakan data seluler (tidak disarankan jika Anda menggunakan paket data terbatas), aktifkan opsi Cadangkan Menggunakan Selular.

Untuk melindungi dan mengenkripsi cadangan dengan kata sandi, ketuk Cadangan Terenkripsi End-to-End dan pilih Nyalakan. Buat kata sandi dengan memilih Buat Kata Sandi atau pilih Gunakan Kunci Enkripsi 64 Digit sebagai gantinya untuk mengizinkan aplikasi membuat kunci enkripsi. Pastikan untuk mencatat kata sandi atau kuncinya, karena kamu akan memerlukannya untuk mendekripsi dan memulihkan cadangan di masa mendatang. Begitulah cara mencadangkan obrolan WhatsApp ke cloud.

Cara menemukan cadangan WhatsApp di Google Drive

Cara mencadangkan dan memulihkan WhatsApp ke Google Drive foto: tangkapan layar

Menemukan cadangan WhatsApp di Google Drive itu mudah, tetapi perhatikan bahwa kamu tidak dapat mengekstrak konten apa pun dari cadangan ini.

Di situs desktop Google Drive

1. Luncurkan browser web favorit kamu dan buka situs Google Drive. Masuk ke akun kamu.

2. Di bilah sisi kiri Google Drive, pilih Penyimpanan. Di panel kanan, di bagian atas, pilih Cadangan.

3. Kamu akan menemukan cadangan WhatsApp di daftar. Untuk menghapus cadangan, klik dua kali cadangan dan pilih Hapus Cadangan.

Jika kamu menghapus cadangan, WhatsApp akan membuat ulang cadangan baru pada frekuensi yang dipilih.

Di aplikasi seluler Google Drive

1. Buka aplikasi Google Drive di ponsel. Di pojok kiri atas aplikasi, ketuk tiga garis horizontal. Dari menu terbuka, pilih Cadangan.

2. Kamu akan menemukan cadangan di daftar. Untuk menghapus cadangan ini, ketuk tiga titik di sebelah cadangan dan pilih Hapus Cadangan.

(brl/red)