Cara menemukan iPhone yang hilang meskipun perangkat dimatikan

Cara menemukan iPhone yang hilang meskipun perangkat dimatikan

Techno.id - Kehilangan iPhone pasti akan membuat kamu stres. Namun kamu masih punya peluang untuk menemukan iPhone yang hilang. Kamu dapat melihat lokasi iPhone yang hilang di perangkat lain meskipun dimatikan.

Sebab, iPhone dapat memanfaatkan fitur Find My Network Apple, yang mengumpulkan perangkat Apple terdekat lainnya dengan cara anonim dan terenkripsi untuk menyampaikan lokasi ponsel kamu ke iCloud.

Pencarian offline bukanlah hal baru di iPhone, tetapi Apple telah melakukan peningkatan pada layanan Find My dan penawaran perlindungan pencurian dari waktu ke waktu. Dalam pembaruan iOS 17 tahun lalu, misalnya, Apple memperkenalkan kemampuan untuk berbagi perangkat yang didukung aplikasi Lacak (Find My), seperti AirTag, hingga lima orang lainnya.

Awal tahun ini, Apple meluncurkan layanan Perlindungan Perangkat yang Dicuri (Stolen Device Protection) sebagai langkah tambahan untuk mencegah pencuri yang juga mengetahui kode sandi kamu mengakses informasi penting.

Tetapi penting untuk diingat bahwa tidak semua iPhone mendukung pencarian offline. Kemampuan ini hanya tersedia di iPhone 11 dan yang lebih baru, tidak termasuk iPhone SE 2020 dan 2022.

Berikut beberapa faktor yang perlu diketahui untuk menggunakan aplikasi Lacak. Selama kamu masuk ke ID Apple di iPhone yang kamu rencanakan untuk mendaftar ke Lacak, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Mengaktifkan layanan Lacak dan Find My Network

Cara menemukan iPhone yang hilang meskipun perangkat dimatikan foto: apple

Untuk menemukan ponsel saat offline, kamu harus memastikan layanan Lacak dan Find My Network telah disiapkan.

1. Buka menu Pengaturan iPhone, ketuk nama kamu dan pilih Lacak.

2. Ketuk Temukan iPhone Saya dan pastikan sakelar diaktifkan.

3. Di bawah Cari iPhone Saya, kamu akan melihat dua opsi lain, Temukan Jaringan Saya dan Kirim Lokasi Terakhir. Kamu harus menyalakan keduanya. Temukan Jaringan Saya memungkinkan kamu menemukan perangkat saat offline, dimatikan, atau daya lemah. Kirim Lokasi Terakhir akan secara otomatis menyimpan lokasi terakhir iPhone kamu saat baterai hampir habis.

Jika kamu ingin memastikan perangkat dapat ditemukan meskipun tidak aktif, tahan tombol samping dan volume turun. Di bawah sakelar "geser untuk mematikan", kamu akan melihat pemberitahuan yang bertuliskan "iPhone Dapat Ditemukan Setelah Dimatikan".

Cara melihat lokasi iPhone saat dimatikan

Cara menemukan iPhone yang hilang meskipun perangkat dimatikan foto: freepik

Jika telah menyelesaikan langkah-langkah di atas, kamu seharusnya dapat melihat lokasi terakhir ponsel yang hilang dengan masuk ke akun iCloud di browser web atau dengan menggunakan aplikasi Lacak di perangkat Apple lain.

Itu bisa berupa produk Apple lain yang terdaftar di ID Apple yang sama atau perangkat anggota keluarga yang telah kamu ajak berbagi lokasi.

Tetapi ada beberapa pengecualian. Jika iPhone kamu belum mengirim lokasinya ke Apple melalui Lacak dalam tujuh hari terakhir, kamu akan melihat "Tidak ada lokasi yang ditemukan" di samping perangkat kamu. Jika ada masalah dengan layanan lokasi perangkat, kamu mungkin juga tidak dapat menemukan ponsel melalui Lacak.

(brl/red)