Cara menemukan nomor IMEI di ponsel Android, kamu wajib tahu

Cara menemukan nomor IMEI di ponsel Android, kamu wajib tahu

Techno.id - Pengguna gadget khususnya smartphone pasti sudah nggak asing dengan International Mobile Equipment Identity (IMEI). Nomor internasional yang terdiri dari 15 digit ini bukan sekadar dereran angka, tetapi memiliki fungsi yang sangat penting pada sebuah perangkat gadget. IMEI istilahnya sebuah sidik jari pada perangkat gadget.

Dari 15 digit angka tersebut, 8 digit merupakan Type Allocation Code yang dialokasikan Global System for Mobile Association yang berfungsi mengindentifikasi perangkat gadget yang tersambung ke jaringan selular.

Saking pentingnya IMEI, setiap pengguna membeli perangkat baru biasanya yang pertama kali dilakukan adalah dengan mengecek nomor IMEI. Tujuannya untuk memastikan perangkat tersebut memiliki IMEI yang sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian.

Sebab, jika IMEI belum terdaftar maka akses perangkat tersebut bisa dipastikan mengalami pembatasan akses dan tidak akan bisa terkoneksi dengan operator selular yang beroperasi di Indonesia atau terblokir. IMEI juga menjadi alat untuk mengetahui apakah perangkat tersebut legal atau tidak. Karena banyak juga perangkat yang dijual melalui black market.

Selain itu IMEI juga berfungsi sebagai salah satu instrumen keamanan perangkat. Misalnya saja gadget kamu dicuri orang lain, maka kamu dapat minta penyedia jaringan selular yang kamu gunakan untuk menguncinya dari jarak jauh dan mencegah si pelaku melakukan panggilan atau terhubung ke jaringan selular. Artinya perangkat tersebut akan terblokir dan tidak dapat digunakan.

IMEI juga dapat digunakan untuk mencari tahu negara asal, produsen, dan nomor model perangkat kamu. Semua informasi tersebut bisa didapatkan dari ponsel jika kamu tahu Nomor IMEI.

Untuk mengetahui Nomor IMEI kamu bisa melihatnya di ponsel melalui fitur pengaturan. Selain itu IMEI juga disematkan pada kemasan perangkat saat kamu membelinya. Namun bagaimana jika kemasan tersebut telah kamu buang? Berikut cara mengetahui nomor IMEI ponsel Android.

(brl/red)