Cara menemukan nomor IMEI iPhone, penting untuk menjaga keamanan perangkat   

Cara menemukan nomor IMEI iPhone, penting untuk menjaga keamanan perangkat   

Techno.id - International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah kode unik berisi 15 digit yang digunakan untuk membedakan perangkat kamu dari yang lain. IMEI ini memainkan peran penting dalam melindungi ponsel dan memastikan manajemen yang tepat penyedia layanan.

Misalnya jika ponsel kamu hilang atau dicuri, melaporkan nomor IMEI ke operator seluler dapat mencegah pengguna yang tidak sah mengakses perangkat di jaringan apa pun, yang secara efektif membuatnya tidak berguna. Ini juga memudahkan penegak hukum untuk melacak perangkat kamu.

Saat mengajukan klaim garansi atau meminta perbaikan, nomor IMEI digunakan untuk mengonfirmasi kepemilikan dan kelayakan perangkat untuk diservis. Selain manfaat keamanan, nomor IMEI sangat membantu untuk membuka kunci iPhone dan mengganti operator. Ini juga penting saat membeli iPhone bekas, karena kamu dapat memverifikasi riwayat perangkat, termasuk setiap contoh daftar hitam atau penipuan, melalui IMEI.

Menemukan nomor IMEI iPhone adalah proses yang mudah apakah kamu membawa perangkat atau tidak. Ada berbagai metode untuk menemukan nomor IMEI iPhone, mulai dari memeriksa dalam pengaturan perangkat hingga menemukannya di kemasan asli atau melalui akun Apple. Begini caranya.

Menemukan nomor IMEI di iPhone

Cara menemukan nomor IMEI iPhone, penting untuk menjaga keamanan perangkat foto: apple

Cara termudah untuk menemukan nomor IMEI di iPhone adalah dengan menggunakan kode USSD. Cukup buka aplikasi Telepon dan tekan *#06# pada keypad. Kamu tidak perlu menekan tombol panggil. Nomor IMEI iPhone akan langsung muncul di layar.

Kamu juga dapat menemukan nomor IMEI dengan membuka aplikasi Pengaturan dan membuka Umum > Tentang. Di sini, akan dicantumkan bersama informasi perangkat lainnya, seperti nomor seri. Kamu dapat menekan lama nomor untuk menyalinnya agar mudah dibagikan atau disimpan.

Cara menemukan nomor IMEI iPhone, penting untuk menjaga keamanan perangkat foto: apple

Jika memiliki akses ke komputer, kamu dapat menemukan nomor IMEI dengan menghubungkan iPhone ke komputer dengan kabel pengisi daya. Di macOS Catalina atau lebih baru, buka Finder, pilih iPhone, dan buka tab Umum. Di versi macOS lama atau komputer Windows, buka iTunes dan klik tab Ringkasan. Di bawah nama atau model perangkat kamu, klik Nomor Telepon untuk membuka nomor IMEI.

Jika iPhone kamu baru atau baru saja diatur ulang, maka dapat menemukan nomor IMEI di layar pengaturan awal. Nyalakan iPhone dengan menekan dan menahan tombol daya hingga logo Apple muncul. Pada layar Halo, ketuk tombol info kecil (ikon melingkar i) di pojok kanan bawah dan nomor IMEI perangkat kamu akan ditampilkan di layar berikutnya.

Menemukan nomor IMEI saat iPhone terkunci atau hilang

Cara menemukan nomor IMEI iPhone, penting untuk menjaga keamanan perangkat foto: apple

Kamu juga dimungkinkan untuk mengambil nomor IMEI iPhone meskipun perangkat terkunci atau tidak mau menyala. Untuk model iPhone lama tertentu, termasuk iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5, iPhone 5s, dan yang lebih lama, nomor IMEI terukir langsung di bagian belakang perangkat.

Pada iPhone yang lebih baru seperti iPhone 6s, iPhone 7, dan semua model berikutnya, Apple menempatkan nomor IMEI di baki kartu SIM. Untuk menemukannya, cukup keluarkan baki SIM iPhone, dan kamu akan melihat IMEI dicetak di sana.

Jika iPhone kamu hilang, kamu dapat melihat kemasan asli. Nomor IMEI tercetak pada label di bagian belakang kemasan. Cara lain adalah dengan menggunakan perangkat Apple lain yang berbagi ID Apple yang sama, seperti iPad atau Mac.

Cara menemukan nomor IMEI iPhone, penting untuk menjaga keamanan perangkat foto: apple

Di perangkat Apple, buka Pengaturan > [Nama kamu] > Perangkat, pilih iPhone kamu dan kamu akan melihat nomor IMEI beserta informasi lainnya.

Terakhir, kamu dapat menemukan nomor IMEI iPhone melalui situs web Apple. Untuk melakukan ini, masuk ke akun kamu di Situs web ID Apple. Kemudian, navigasikan ke bagian Perangkat dan klik iPhone kamu untuk melihat nomor IMEI bersama dengan detail perangkat lainnya.

(brl/red)