Cara menemukan perangkat Windows yang hilang atau dicuri, dan menguncinya dari jarak jauh

Cara menemukan perangkat Windows yang hilang atau dicuri, dan menguncinya dari jarak jauh

Techno.id - Kehilangan perangkat Windows, baik itu salah tempat atau dicuri, dapat membuat stres, terutama jika perangkat tersebut berisi file-file penting, informasi pribadi, atau data sensitif. Risiko orang lain mengakses dokumen, email, atau kata sandi kamu hanya menambah kekhawatiran.

Itulah mengapa perangkat Windowsbaik itu laptop atau tabletdilengkapi dengan fitur Temukan Perangkat Saya, yang dapat membantu kamu melacak perangkat di peta, memungkinkan kamu menemukannya dengan cepat.

Selain fitur pelacakan, Temukan Perangkat Saya menyediakan langkah-langkah keamanan tambahan. Kamu dapat mengunci perangkat dari jarak jauh menggunakan komputer lain atau ponsel cerdas, memastikan bahwa tidak ada orang yang tidak berwenang yang dapat mengakses file atau informasi pribadi kamu. Selain itu, kamu dapat menampilkan pesan khusus di layar, seperti informasi kontak atau permintaan pengembalian perangkat dengan aman.

Berikut panduan proses penyiapan fitur Temukan Perangkat Saya di perangkat Windows dan menggunakannya secara efektif jika terjadi pencurian atau kehilangan.

Menyiapkan Temukan Perangkat Saya di Windows

Cara menemukan perangkat Windows yang hilang atau dicuri, dan menguncinya dari jarak jauh foto: tangkapan layar

Untuk menemukan perangkat Windows yang hilang atau dicuri, penting untuk mengatur fitur Temukan Perangkat Saya. Opsi ini mengharuskan kamu masuk dengan akun Microsoft (seringkali tanpa kata sandi) dan memiliki akses administratif di perangkat Windows. Jika kamu memiliki tablet atau laptop Windows 11, kamu dapat menggunakan langkah-langkah ini untuk mengaktifkan fitur tersebut.

1. Tekan Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan, buka tab Privasi & keamanan, dan pilih Temukan perangkat saya di sebelah kanan.

2. Aktifkan tombol Temukan Perangkat Saya.

3. Kembali ke menu Privasi & keamanan dan pilih Lokasi di bawah Izin aplikasi.

4. Aktifkan sakelar di samping Layanan lokasi.

Di perangkat Windows 10, kamu dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk menyiapkan fitur Temukan Perangkat Saya.

1. Tekan Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan dan menuju ke Pembaruan & keamanan > Temukan Perangkat Saya.

2. Jika kamu melihat pesan Temukan Perangkat Saya: OFF, klik tombol Ubah dan aktifkan tombol Simpan lokasi perangkat saya secara berkala.

3. Selanjutnya, buka Pengaturan > Privasi > Lokasi.

4. Jika kamu melihat pesan Lokasi untuk perangkat ini dimatikan, klik tombol Ubah dan aktifkan Akses lokasi untuk perangkat ini.

Menemukan atau mengunci perangkat Windows dari jarak jauh

Cara menemukan perangkat Windows yang hilang atau dicuri, dan menguncinya dari jarak jauh foto: tangkapan layar

Setelah kamu mengaktifkan fitur Temukan Perangkat Saya di perangkat Windows, kamu dapat menggunakannya untuk melacak lokasinya jika hilang atau dicuri. Selain itu, kamu dapat mengunci perangkat untuk keluar dari pengguna aktif dan menonaktifkan akses ke akun lokal. Berikut cara melakukannya.

1. Buka halaman web akun Microsoft di telepon atau PC dan masuk ke akun Microsoft yang digunakan di perangkat Windows kamu.

2. Temukan perangkat yang hilang pada daftar dan klik opsi Temukan Perangkat Saya.

3. Di halaman berikut, kamu akan melihat detail lokasi perangkat dan persentase baterainya saat ini, bersama dengan peta yang menunjukkan lokasi perangkat.

4. Klik tombol Temukan untuk memperbarui lokasi perangkat. Setelah melakukannya, perangkat Windows yang hilang akan memutar suara dan menampilkan pemberitahuan.

5. Untuk mencegah orang lain mengakses perangkat, klik opsi Kunci.

6. Masukkan pesan yang akan muncul di layar, menentukan bagaimana pencari dapat mengembalikan perangkat kepada kamu, lalu klik Kunci.

Jika beruntung dan perangkat yang hilang ada di dekatnya, kamu dapat menemukan dan mengambilnya. Jika tidak, menguncinya akan memastikan data dan privasi kamu terlindungi sekaligus meningkatkan kemungkinan orang lain menemukan dan mengembalikan perangkat. Selain itu, ada baiknya untuk melaporkan pencurian tersebut kepada pihak berwenang setempat, memberi mereka detail yang diperlukan seperti nomor seri perangkat Windows kamu.

(brl/red)