Cara mengaktifkan atau menonaktifkan startup cepat di Windows 10 atau 11, ini fungsinya

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan startup cepat di Windows 10 atau 11, ini fungsinya

Techno.id - Startup cepat adalah fitur praktis di Windows yang berfungsi mempercepat waktu boot dengan mencegah PC mati sepenuhnya. Saat diaktifkan, fitur ini menyimpan sebagian dari status sistem ke file hibernasi di hard drive selama shutdown. Pada dasarnya, fitur ini menggabungkan elemen cold shutdown dengan hibernasi.

Startup cepat memungkinkan Windows untuk memuat kernel dan driver terlebih dahulu, jadi ketika kamu menghidupkan kembali komputer, itu hanya menyegarkan ketimbang memulai dari awal. Meskipun ini tidak menyimpan file atau program yang terbuka seperti mode hibernasi atau tidur, fitur ini secara signifikan mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengaktifkan dan menjalankan sistem.

Meskipun startup cepat biasanya diaktifkan di sebagian besar komputer Windows, kamu mungkin ingin menonaktifkannya untuk mematikan sistem sepenuhnya. Berikut langkah-langkah mengaktifkan atau menonaktifkan startup cepat di PC Windows 10 atau 11.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan startup cepat

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan startup cepat di Windows 10 atau 11, ini fungsinya foto: tangkapan layar

Cara paling nyaman untuk mengaktifkan atau menonaktifkan startup cepat di Windows adalah melalui menu Power Options di Control Panel. Untuk melakukan ini, kamu harus menggunakan akun administratif di Windows. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti.

1. Tekan Windows + S untuk membuka menu pencarian.

2. Ketik Control Panel di kotak pencarian dan tekan Enter.

3. Klik menu Lihat berdasarkan di pojok kanan atas untuk memilih Ikon besar.

4. Buka Opsi Daya dan klik opsi Pilih apa yang dilakukan tombol daya.

5. Klik opsi Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia.

6. Centang kotak Aktifkan startup cepat untuk mengaktifkan fitur tersebut, dan hapus centang untuk menonaktifkannya.

7. Klik tombol Simpan perubahan.

Jika merasa nyaman menggunakan Command Prompt, kamu juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan startup cepat dengan perintah sederhana. Untuk melakukannya, klik kanan menu Start dan pilih Terminal (Admin) atau Windows PowerShell (Admin). Di konsol, ketik powercfg /h on (tanpa tanda kutip) untuk mengaktifkan startup cepat dan tekan Enter. Untuk menonaktifkannya, ketik powercfg /h off (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.

Ini yang harus dilakukan jika opsi startup cepat hilang

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan startup cepat di Windows 10 atau 11, ini fungsinya foto: tangkapan layar

Startup cepat bergantung pada Hibernate untuk berfungsi, jadi jika Hibernate dimatikan, opsi startup cepat tidak akan tersedia di Control Panel. Masalah ini lebih sering terjadi pada PC kelas bawah, bukan pada komputer Windows yang kuat. Untuk mengatasinya, kamu harus mengaktifkan Hibernasi menggunakan langkah-langkah berikut.

1. Klik ikon pencarian di bilah tugas dan ketik Command Prompt di kotak teks. Kemudian, pilih Jalankan sebagai administrator.

2. Pilih Ya saat perintah Kontrol Akun Pengguna (UAC) muncul.

3. Ketik perintah powercfg /availablesleepstates dan tekan Enter untuk memeriksa apakah PC kamu mendukung hibernasi.

4. Kamu akan melihat pesan Hibernasi belum diaktifkan jika PC kamu mendukung fitur tersebut. Untuk mengaktifkannya, ketik perintah powercfg /hibernate on dan tekan Enter.

Setelah menjalankan perintah di atas, opsi startup cepat akan muncul di Control Panel.

(brl/red)