Cara mengatasi masalah “about:blank” di browser internet  

Cara mengatasi masalah “about:blank” di browser internet  

Techno.id - Saat kamu mengetikkan alamat web lalu mengklik enter, mungkin pernah mengalami layar komputer kamu justru menampilkan halaman kosong dengan tulisan about:blank. Ini tidak sama dengan kesalahan 403 Forbidden atau kesalahan 504 Gateway Timeout.

Ini adalah tanda bahwa ada yang tidak beres dengan situs web yang kamu coba kunjungi, bukan browser web atau internet kamu. Jika kamu mengetik about:history ke browser, maka akan memunculkan situs web yang dikunjungi sebelumnya.

Ada banyak perintah lain yang dapat digunakan pengguna dengan fungsi about. Ketik about:about ke bilah alamat dan itu akan memuat daftar panjang perintah yang mungkin untuk digunakan.

Dalam konteks about:blank, browser diminta untuk memunculkan halaman kosong dan itulah yang dilakukannya. Beberapa orang telah menggunakan halaman kosong sebagai beranda browser mereka karena akan membantu browser diluncurkan lebih cepat. Browser dipenuhi dengan widget dan pintasan akhir-akhir ini, meningkatkan waktu muat.

Halaman about:blank juga akan muncul jika kamu membuka tautan unduhan yang memaksa browser untuk membuka jendela tambahan. Bahkan mungkin terjadi jika internet kamu tidak stabil dan tidak memuat halaman web dengan benar, atau jika situs web yang yang kamu kunjungi tidak ada lagi. Hampir setiap browser web utama menggunakan fungsi about:blank.

Cara memperbaiki about:blank

Cara mengatasi masalah about:blank di browser internet foto: techno.id/yani andriyansyah

Tidak ada yang benar-benar bisa diperbaiki dengan about:blank. Ini adalah fitur bawaan yang akan selalu ada (atau beberapa variasinya) di browser web karena browser selalu harus menampilkan sesuatu, bahkan jika sesuatu itu adalah halaman kosong. Namun, kamu dapat meminimalkan seberapa sering kamu melihat halaman kosong muncul, terutama jika kamu kebetulan memiliki about:blank muncul setiap kali membuka browser.

Proses yang tepat untuk mengubah beranda browser kamu bervariasi karena setiap browser sedikit berbeda. Di Chrome, Edge, dan Brave, kamu perlu menavigasi ke menu Pengaturan, atau dengan menggunakan fitur about dan mengetik about:setting ke bilah alamat. Jika kamu pengguna Safari, itu berada di bawah Preferensi, dan pengguna Firefox harus mencari Opsi.

Ada bagian di masing-masing browser ini yang memungkinkan pengguna mengubah situs web yang ditampilkan baik saat terbuka maupun setiap kali tab baru dibuat. Jika about:blank dipilih, kamu dapat mengubahnya dengan mengetikkan alamat situs web yang diinginkan seperti Google. Kamu dapat memilih situs web apa pun yang kamu suka.

(brl/red)