Cara mengatur instruksi khusus di ChatGPT, bisa memberikan informasi seperti yang kamu inginkan

Cara mengatur instruksi khusus di ChatGPT, bisa memberikan informasi seperti yang kamu inginkan

Techno.id - ChatGPT mungkin merupakan chatbot AI paling terkenal saat ini. bahkan ChatGPT terus mempelajari trik dan interaksi baru. Salah satunya adalah fitur instruksi khusus, yang awalnya diluncurkan dalam versi beta tahun lalu.

Sekarang fitur ini menjadi bagian dari paket gratis. Kamu dapat mengatur instruksi khusus untuk menyesuaikan cara ChatGPT menyajikan informasi kepada kamu.

Baik itu memberi tahu usia, lokasi, atau pekerjaan apa yang kamu lakukan, ada banyak sekali fleksibilitas dalam fungsionalitas instruksi khusus untuk membantu kamu mendapatkan informasi yang kamu butuhkan dengan lebih mudah tanpa terjebak dalam kesulitan atau perlu meminta informasi tambahan.

OpenAI mengatakan bahwa mereka membuat instruksi khusus berdasarkan umpan balik pengguna dari 22 negara yang berbeda. OpenAI menandai peningkatan besar dalam memastikan chatbot tetap berguna bagi siapa saja.

Instruksi khusus

Dalam istilah yang paling sederhana, fitur ini menambahkan dua permintaan tambahan yang kemudian akan menyesuaikan bagaimana permintaan berikutnya ditanggapi, membingkai tanggapan dengan cara tertentu.

Fitur ini datang dalam bentuk dua pertanyaan, Apa yang kamu ingin ChatGPT ketahui tentang kamu untuk memberikan tanggapan yang lebih baik? dan Bagaimana kamu ingin ChatGPT menanggapi?.

Yang pertama bagus dan sederhana, dan paling sering dapat dijawab dengan memberikan sedikit tentang profesi kamu, usia, dan lokasi kamu. Misalnya kamu seorang penulis dan suka dengan teknologi.

Yang kedua sedikit lebih samar-samar, tetapi pertimbangkan berapa lama kamu menginginkan jawaban, ejaan apa yang harus mereka gunakan, dan seberapa keras pendapat kamu tentang ChatGPT. Misalnya kamu mengatakan ingin ejaan bahasa Indonesia dan tidak ada pendapat.

Cara mengatur instruksi khusus di ChatGPT

Cara mengatur instruksi khusus di ChatGPT, bisa memberikan informasi seperti yang kamu inginkan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kamu harus membuka ChatGPT di browser pilihan.

1. Buka sesuaikan pengaturan ChatGPT

Setelah ChatGPT terbuka di browser, klik nama atau gambar profil kamu di pojok kiri bawah untuk membuka menu. Pilih opsi Sesuaikan ChatGPT.

2. Aktifkan instruksi khusus

Cara mengatur instruksi khusus di ChatGPT, bisa memberikan informasi seperti yang kamu inginkan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Dari sini, kamu dapat memasukkan instruksi khusus dengan mengikuti dua petunjuk. Kamu juga harus mengaktifkan kotak sakelar Aktifkan obrolan baru untuk memastikan petunjuk ini tetap ada dari obrolan ke obrolan. Jika kamu melepaskan ini, maka kamu dapat meminta tanggapan yang lebih umum tanpa kehilangan instruksi khusus yang telah disimpan sebelumnya.

Kamu sekarang dapat menjalankan prompt dengan aman karena mengetahui bahwa ChatGPT berfokus untuk menyediakan jenis jawaban yang kamu inginkan.

(brl/red)