Cara mengatur kecerahan layar agar ponsel kamu tidak boros daya

Cara mengatur kecerahan layar agar ponsel kamu tidak boros daya

Techno.id - Perangkat menjadi lebih hemat energi seiring dengan ukuran baterai yang semakin besar, tetapi daya tahan baterai masih menjadi masalah bagi sebagian besar pengguna.

Begitulah sifat teknologi modern, tetapi bukan berarti kamu harus mengisi daya berkali-kali dalam sehari. Jika baterai ponsel kamu terkuras lebih cepat dari yang seharusnya, mengidentifikasi penyebabnya dan menemukan solusi adalah cara yang sepadan.

Untuk masalah ini, Techno.id pun mengulas penyebab baterai ponsel cepat habis karena kamu tidak mengatur kecerahan layar. Begini cara mengatasinya. Yuk Simak!

Kecerahan layar

Cara mengatur kecerahan layar agar ponsel kamu tidak boros daya foto: freepik

Layar adalah penguras baterai terbesar sejak smartphone modern muncul. Panel semakin besar, lebih terang, dan lebih berwarna, serta memiliki definisi yang lebih tinggi.

Bahkan saat ini banyak ponsel lipat yang memiliki layar ganda. Meskipun semua peningkatan tersebut menambah pengalaman secara umum, tetapi pada saat yang sama smartphone menjadi lebih haus daya. Untuk mengetahui seberapa besar layar menyedot daya, kamu bisa memeriksa penggunaan baterai melalui menu Pengaturan.

Cara memeriksa penggunaan baterai di Android

Cara mengatur kecerahan layar agar ponsel kamu tidak boros daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka Pengaturan.

2. Pilih Baterai.

3. Ketuk Penggunaan baterai.

4. Perluas bagian, Penggunaan sistem sejak pengisian penuh terakhir.

Cara memeriksa penggunaan baterai pada iPhone

1. Luncurkan Pengaturan.

2. Masuk ke bagian Baterai.

3. Gulir ke bawah ke bagian Penggunaan Baterai Menurut Aplikasi.

4. Di sini, kamu akan melihat aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai, serta berapa banyak baterai yang digunakan.

Periksa penggunaan baterai, kamu akan menemukan bahwa layar akan menempati urutan teratas. Aplikasi yang umum digunakan seperti YouTube, Facebook, atau game mungkin mendekati.

Kondisi ini disebabkan teknologi layar smartphone berkembang jauh lebih cepat daripada teknologi baterai, sehingga daya tahan baterai akan menjadi masalah yang lebih besar lagi di masa mendatang. Karena itu kamu harus menghemat daya dengan mengatur tingkat kecerahan layar. Berikutcara mengurangi pengurasan baterai layar.

(brl/red)