Cara mengatur ulang pengontrol DualShock Playstation 4

Cara mengatur ulang pengontrol DualShock Playstation 4

Techno.id - Ketika kamu telah menggunakan PlayStation 4 sudah cukup lama, biasanya akan mengalami beberapa masalah. Terkadang, konsol dapat mulai mengalami masalah saat terhubung ke internet, panas berlebih atau mematikan dengan sendirinya.

Sayangnya, hal yang sama berlaku untuk berbagai aksesorisnya, terutama yang digunakan sepanjang waktu, seperti pengontrol nirkabel PS4 DualShock.

Dari semua periferal PlayStation 4, pengontrol DualShock nirkabel adalah yang paling mungkin rusak secara tidak sengaja. Tidak seperti konsol yang sering kali kokoh di atas meja atau permukaan datar, pengontrol PS4 dipegang dengan tangan. Belum lagi, jika kamu pernah mengundang teman yang kurang hati-hati menggunakan pengontrol tersebut.

Baik itu karena penggunaan agresif atau keausan alami, pengontrol nirkabel PS4 DualShock tidak kebal terhadap kerusakan fisik, kerusakan kelembaban, masalah koneksi, atau masalah pengisian daya. Meskipun beberapa dari masalah ini memerlukan utak-atik perangkat keras yang akan diselesaikan, masalah lain dapat diperbaiki dengan reset sederhana yang dapat kamu lakukan sendiri.

Tergantung pada kebutuhan, ada dua cara untuk mengatur ulang pengontrol, hard reset atau soft reset. Dengan soft reset, pada dasarnya kamu memasangkan kembali perangkat ke konsol, yang dapat menyelesaikan beberapa masalah kecil dengan pengontrol. Di sisi lain, hard reset dapat membuat pengontrol PS4 DualShock terasa hampir baru. Berikut adalah bagaimana dan kapan melakukan keduanya.

Cara mengatur ulang koneksi Bluetooth pengontrol nirkabel PS4 DualShock

Cara mengatur ulang pengontrol DualShock Playstation 4 foto: freepik/miglagoa

Dengan pengontrol PS4, sistem bilah cahaya tidak hanya dekoratif dan imersif, tetapi juga informatif dalam hal status pengontrol. Jika kamu mencari solusi cepat untuk menyelesaikan banyak kemungkinan masalah, maka dapat mencoba mengatur ulang koneksi Bluetooth yang dimiliki pengontrol PS4 dengan konsol PS4. Perhatikan, kamu memerlukan pengontrol DualShock lain yang berfungsi, terutama jika pemasangan gagal setelahnya. Setelah siap, berikut cara melepas pengontrol dan PS4 terlebih dahulu.

1. Luncurkan konsol PS4 dan arahkan ke menu utama.

2. Pada pengontrol PS4 DualShock yang berfungsi, tekan tombol atas.

3. Di bagian kanan layar, pilih ikon Pengaturan.

4. Pilih Perangkat > Perangkat Bluetooth.

5. Pilih nama pengontrol yang ingin kamu soft reset.

6. Di bagian kanan atas pengontrol PS4 DualShock yang berfungsi, tekan tombol Opsi.

7. Kembali ke layar PS4, pilih Lupakan Perangkat.

Setelah itu, matikan PS4 sepenuhnya. Selanjutnya, pasangkan kembali pengontrol PS4 DualShock dengan menghubungkannya melalui kabel micro-USB, menyalakan konsol, dan menekan tombol PS pada pengontrol yang baru direset.

Cara hard reset pengontrol nirkabel PS4 DualShock

Cara mengatur ulang pengontrol DualShock Playstation 4 foto: freepik/uveelena

Meskipun kamu bisa gunakan pengontrol PS4 dengan PlayStation 5, tetapi tidak akan memberi pengalaman imersif yang sama untuk setiap game seperti pengontrol PS5 DualSense.

Karena itu, jika kamu berencana meningkatkan ke generasi terbaru, tidak masuk akal untuk tetap menggunakan pengontrol PS4 lama. Lebih baik membongkarnya bersama dengan konsol lama kamu. Tetapi sebelum melakukannya, kamu harus melakukan hard reset, yang pada dasarnya membuatnya bertindak seolah-olah ditarik langsung dari kotak, terlepas dari kerusakan perangkat keras lainnya. Untuk melakukan hard reset, ikuti petunjuk berikut.

1. Matikan PS4 sepenuhnya.

2. Pada pengontrol PS4 yang ingin kamu atur ulang, balikkan untuk memperlihatkan lubang kecil di bagian belakang.

3. Dengan menggunakan ujung anting-anting atau besi penjepit kertas, tekan dan tahan tombol reset di dalam lubang.

4. Tunggu setidaknya 5 detik untuk mengatur ulang.

Setelah itu, kamu dapat memilih untuk memasangkannya dengan konsol atau bungkus untuk pemilik berikutnya.

(brl/red)