Cara mengekstrak File RAR gratis di Windows, macOS, dan Linux

Cara mengekstrak File RAR gratis di Windows, macOS, dan Linux

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang pernah mengunduh file dengan ekstensi file.rar. Ya, RAR adalah format file terkompresi seperti file ZIP. Nah ketika kamu mendapatkan file semacam itu, untuk membukanya kamu perlu mengekstrak terlebih dahulu. Berikut cara membuka file RAR di Windows, macOS, dan Linux.

Cara membuka file RAR di Windows 11

Cara mengekstrak File RAR gratis di Windows, macOS, dan Linux foto: tangkapan layar

Windows 11 menambahkan dukungan asli untuk file RAR pada tahun 2023. Sejak itu, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengklik dua kali RAR, dan kamu dapat melihat dan mengekstrak kontennya.

Perlu diingat bahwa Windows 11 hanya memiliki dukungan terbatas untuk fitur file RAR yang lebih canggih, seperti perlindungan kata sandi. Kamu tidak dapat membuat atau membuka file RAR yang dilindungi kata sandi menggunakan File Explorer di Windows 11. Sebagai gantinya, kamu harus menggunakan program pihak ketiga seperti 7-Zip atau WinRAR.

Cara membuka file RAR di Windows 10

Ada berbagai aplikasi di Windows yang dapat membuka file RAR. Pilihan default adalah WinRAR, dibuat pengembang format file RAR, tetapi secara teknis bukan aplikasi gratis, meskipun kamu dapat terus menggunakannya tanpa batas waktu setelah masa percobaan berakhir.

Jika ingin membuat file RAR, WinRAR adalah pilihan terbaik. Namun, jika kamu hanya perlu mengekstrak file RAR, aplikasi 7-Zip gratis dan open source adalah pilihan yang lebih baik.

Setelah mengunduh dan menginstal 7-Zip dari situs web mereka, kamu siap melakukannya. Kamu dapat mengklik dua kali file RAR apa pun untuk membukanya dalam 7-ZIP dan melihat atau mengekstrak file.

Jika ingin mengekstrak file, kamu dapat melakukannya bahkan tanpa membuka 7-Zip. Klik kanan file RAR apa pun, arahkan ke menu 7-Zip, lalu pilih salah satu opsi Ekstrak, tergantung di mana kamu ingin mengekstrak file. Perhatikan bahwa jika kamu memiliki kumpulan file .RAR multi-bagian, kamu harus mengekstrak file pertama dalam set, lalu 7-Zip akan menangani file lain dalam set secara otomatis.

Ada aplikasi Windows lain yang mendukung ekstraksi file RAR, tetapi direkomendasikan 7-Zip karena open source, gratis, dan andal serta dapat menangani hal-hal seperti mengekstrak file tar.gz, belum lagi ini adalah aplikasi default untuk file 7Z.

Cara membuka file RAR di macOS

Cara mengekstrak File RAR gratis di Windows, macOS, dan Linux foto: freepik/rawpixel.com

Tidak banyak pilihan untuk membuka file RAR di macOS seperti pada platform Windows yang lebih popular. Namun, masih ada beberapa rekomendasi aplikasi gratis seperti The Unarchiver, yang memiliki dukungan hebat untuk file arsip multi-bagian. Setelah instalasi, kamu dapat meluncurkan The Unarchiver untuk mengaitkan jenis file dengan aplikasi.

Setelah mengaitkan jenis file, kamu dapat mengekstrak arsip RAR hanya dengan mengklik dua kali file. Unarchiver membuat folder dengan nama yang sama dengan arsip, lalu mengekstrak isinya ke folder baru. Perhatikan bahwa jika kamu bekerja dengan arsip RAR multi-bagian, kamu harus membuka file pertama dalam set. Unarchiver akan menangani file tambahan dalam set secara otomatis.

Kamu juga dapat mengklik kedua (atau Control-Click) file RAR, lalu pilih Buka Dengan > The Unarchiver untuk mengekstrak konten RAR sebagai gantinya.

Cara mengekstrak file RAR di Linux

Cara mengekstrak File RAR gratis di Windows, macOS, dan Linux foto: freepik/andreync72

Kamu dapat dengan mudah mengekstrak file .RAR di Linux, tetapi perlu menginstal paket unrar terlebih dahulu menggunakan pengelola paket. Untuk melakukannya pada distribusi Debian atau Ubuntu, cukup buka terminal dan ketik perintah sudo apt install unrar.

Setelah melakukannya, kamu cukup menggunakan perintah unrar e untuk mengekstrak file RAR ke dalam direktori kerja saat ini.

Kamu mungkin tidak akan berurusan dengan file RAR di Linux sesering itu, kecuali kamu mengunduh banyak hal dari situs berbagi file. Kamu lebih cenderung berurusan dengan arsip tar atau bz2.

(brl/red)