Cara mengetahui aplikasi atau fitur yang menguras baterai smartphone Android, begini mengatasinya

Cara mengetahui aplikasi atau fitur yang menguras baterai smartphone Android, begini mengatasinya

Techno.id - Baterai Android modern saat ini memiliki kapasitas yang semakin tinggi. Namun bukan rahasia lagi jika baterai Android terasa lebih cepat habis daripada biasanya. Kondisi ini terutama terjadi pada perangkat yang lebih tua.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa baterai smartphone Android bisa cepat habis dan apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya.

Penyebab baterai ponsel cepat habis

Ada beberapa alasan utama mengapa baterai ponsel bisa cepat habis. Berikut ini adalah alasan utama di balik masalah tersebut.

Cara mengetahui aplikasi atau fitur yang menguras baterai smartphone Android, begini mengatasinya foto: freepik/user6724086

1. Baterai ponsel sudah menua

Jika baterai ponsel kamu dulunya cukup andal tetapi tiba-tiba kehabisan daya, mungkin baterai tersebut sudah mulai menua. Baterai ponsel yang lebih tua lebih mungkin kehabisan baterai lebih cepat daripada yang baru.

2. Sering menggunakannya

Jika penggunaan ponsel kamu lebih tinggi dari biasanya, baterai akan terasa lebih cepat habis. Kondisi tersebut bukan berarti ada masalah dengan baterai. Tetapi karena kamu sering menggunakannya.

3. Smartphone menjadi terlalu panas

Panas adalah musuh semua baterai. Jika ponsel kamu terlalu panas karena cuaca panas atau penyimpanan yang tidak tepat, baterai ponsel akan lebih cepat habis.

4. Aplikasi tertentu menguras baterai lebih cepat

Beberapa aplikasi dapat menghabiskan baterai lebih cepat daripada yang lain. Sebaiknya periksa aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan daya (misalnya game).

(brl/red)