Cara mengetahui kondisi baterai ponsel sebelum berpikir untuk menggantinya

Cara mengetahui kondisi baterai ponsel sebelum berpikir untuk menggantinya

Cara mengetahui kondisi baterai ponsel

Bisakah mengganti baterai ponsel sendiri?

Cara mengetahui kondisi baterai ponsel sebelum berpikir untuk menggantinya foto: freepik/denisw

Sebenarnya proses mengganti baterai ponsel pintar cukup mudah. Kamu harus menggunakan alat pemanas (heater) untuk melunakkan perekat dan mengangkat penutup belakang ponsel.

Setelah terbuka, cabut baterai yang ada, cungkil, dan pasang baterai baru di tempatnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga harus mengganti perekat untuk memastikan perangkat tetap tahan air.

Meskipun proses ini tidak terlalu rumit, namun membutuhkan sedikit kesabaran dan keterampilan. Selain itu, perlu diingat bahwa merusak atau menusuk baterai lithium-ion dapat mengakibatkan kebakaran. Untuk itu, pastikan kamu menggunakan alat yang ditujukan untuk perbaikan smartphone dan hindari mencongkel baterai menggunakan benda tajam.

Apakah penggantian baterai ponsel sepadan?

Cara mengetahui kondisi baterai ponsel sebelum berpikir untuk menggantinya foto: freepik/vladyslavhoroshevych

Penggantian baterai ponsel kemungkinan akan dikenakan biaya pada pusat layanan resmi, termasuk biaya servis. Namun harga tersebut bisa jauh lebih murah daripada membeli ponsel baru kelas flagship.

Berbeda jika ponsel kamu masuk dalam kategori kelas mid-range atau entry level. Sangat mungkin biaya pergantian baterai hanya selisih sedikit dibanding membeli baru. Karena itu kebanyakan pengguna ponsel kelas ini akan berpikir untuk mengganti ponselbaru yang setara.

(brl/red)