Cara menggunakan aplikasi Apple Passwords untuk berbagi kata sandi tanpa khawatir

Cara menggunakan aplikasi Apple Passwords untuk berbagi kata sandi tanpa khawatir

Techno.id - Aplikasi Apple Passwords baru-baru ini masuk ke ekosistem Apple sebagai bagian dari iOS 18 dan macOS Sequoia beta. Dengan fitur baru ini mungkin kamu bisa beralih ke pengelola kata sandi Apple ini. Apalagi ada beberapa fitur menarik yang perlu diketahui tentang aplikasi ini.

Kamu dapat menyimpan semua kata sandi dengan aman. Tetapi bagaimana ketika kamu ingin berbagi akun dengan seseorang? Di situlah segalanya bisa menjadi sedikit lebih rumit. Dalam gaya khas Apple, Apple Password memecahkan ini dengan cara yang sangat sederhana. Syaratnya, selama siapa pun yang ingin kamu ajak berbagi juga berada dalam ekosistem Apple.

Cara menyiapkan grup bersama

Cara menggunakan aplikasi Apple Passwords untuk berbagi kata sandi tanpa khawatir foto: freepik/user6309018

Salah satu fitur terbaik dalam Apple Passwords adalah menyiapkan grup kata sandi bersama. Dengan grup kata sandi Bersama ini, kamu dapat memilih login tertentu yang dapat dibagikan antara kamu dan pengguna iOS lainnya. Contohnya saat kamu membuat grup keluarga untuk berbagi kata sandi untuk layanan streaming. Dalam aplikasi Passwords, ini cukup mudah dilakukan.

1. Buka aplikasi Password.

2. Di bawah bagian Grup Bersama, pilih Grup Baru.

3. Beri nama grup kamu.

4. Pilih Tambahkan Orang, dan tambahkan kontak yang ingin kamu ajak berbagi kata sandi.

5. Pilih Buat.

6. Pilih Kata Sandi yang ingin kamu bagikan.

7. Pilih Pindahkan.

Dengan grup yang dibuat, kamu dapat menambahkan atau menghapus orang kapan saja, serta menambahkan atau menghapus login. Kata sandi apa pun yang kamu pilih untuk dibagikan akan memiliki ikon kecil bersama di sebelah log kata sandi kamu yang lebih besar. Anggota grup lainnya juga dapat menyumbangkan kata sandi, dan mereka akan muncul dengan label untuk siapa yang menambahkannya ke grup.

Cara berbagi kata sandi Wi-Fi

Cara menggunakan aplikasi Apple Passwords untuk berbagi kata sandi tanpa khawatir foto: freepik/rawpixel.com

Secara teknis, iPhone telah memiliki fitur untuk berbagi kata sandi Wi-Fi lebih mudah untuk sementara waktu. Masalahnya adalah, fitur-fitur ini telah terkubur di aplikasi pengaturan, seperti kebanyakan fungsionalitas aplikasi Kata Sandi. Dengan aplikasi Passwords, berbagi kata sandi Wi-Fi dengan tamu menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

1. Buka aplikasi Password.

2. Ketuk kotak Wi-Fi.

3. Pilih jaringan Wi-Fi yang ingin kamu bagikan loginnya.

4. Setelah memilih jaringan Wi-Fi yang akan dibagikan, kamu memiliki dua opsi. Opsi paling menonjol yang ditampilkan adalah menampilkan kode QR jaringan. Kode QR ini akan berfungsi untuk Android dan iPhone, dan merupakan cara paling sederhana untuk membagikan kata sandi Wi-Fi dengan aplikasi Password.

Pilihan lain untuk berbagi adalah mengetuk bidang kata sandi di bawah jaringan Wi-Fi, dan pilih "Bagikan". Dari sini, kamu dapat berbagi SSID dan kata sandi jaringan dengan seseorang melalui lembar berbagi iPhone. Jika mau, kamu juga dapat menyalin kata sandi ke clipboard dan membagikannya.

(brl/red)