Cara menggunakan fitur baterai adaptif untuk menghemat daya ponsel agar tidak cepat habis  

Cara menggunakan fitur baterai adaptif untuk menghemat daya ponsel agar tidak cepat habis  

Techno.id - Sejak Android 10 diluncurkan, sistem operasi ini memperkenalkan fitur manajemen daya luar biasa yang membatasi aplikasi latar belakang dan memperpanjang masa pakai baterai ponsel. Salah satunya Adaptive Battery, yang menggunakan pembelajaran mesin untuk mengetahui aplikasi mana yang akan kamu gunakan dalam beberapa jam ke depan, dan aplikasi mana yang tidak akan kamu gunakan hingga nanti.

Berdasarkan pola penggunaan kamu, fitur ini menempatkan setiap aplikasi ke dalam salah satu dari lima Bucket Siaga Aplikasi, Aktif (Active), Set kerja (Working set), Sering (Frequent), Jarang (Rare), dan Tidak pernah (Never). Masing-masing bucket ini memiliki batasan terkait berapa banyak sumber daya yang dapat digunakan oleh aplikasi yang dikandungnya.

Sederhananya, aplikasi yang ditempatkan di bucket Never hampir tidak pernah digunakan, itulah sebabnya sistem akan membatasi aksesnya ke sumber daya seperti CPU. Ini berarti akan menggunakan lebih sedikit baterai.

Di sisi lain, aplikasi dalam bucket seperti Aktif adalah yang paling sering kamu gunakan dan akan mendapatkan akses penuh ke sumber daya sistem, sehingga kamu dapat mengharapkan semua notifikasi tepat waktu.

Prosesnya otomatis dan dinamis, yang berarti sistem mempelajari pola penggunaan kamu dari waktu ke waktu dan memindahkan aplikasi dari satu bucket ke bucket lainnya.

Cara mengaktifkan Baterai Adaptif

Cara menggunakan fitur baterai adaptif untuk menghemat daya ponsel agar tidak cepat habis foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1.Buka aplikasi Pengaturan.

2. Pilih Baterai.

3. Ketuk Penghemat Baterai.

4. Luaskan bagian Baterai Adaptif.

5. Aktifkan Gunakan Baterai Adaptif.

Periksa faktor yang menguras ponsel

1. Baterai

Cara menggunakan fitur baterai adaptif untuk menghemat daya ponsel agar tidak cepat habis foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Karena masa pakai baterai sangat penting, maka harus dipantau dengan baik oleh OS Android kamu, untuk melihat aplikasi latar belakang yang menghabiskan daya. Android dapat memberi kamu daftar yang menghabiskan baterai dan seberapa banyak.

Bergantung pada perangkat dan perangkat lunak ponsel kamu, aplikasi akan dipecah menjadi aplikasi sistem atau non-sistem, atau oleh perangkat keras dan perangkat lunak untuk membuat segalanya lebih mudah diakses.

Semakin banyak kamu menggunakan aplikasi tertentu, semakin tinggi daftarnya. Perhatikan aplikasi apa pun yang tidak kamu kenali, atau aplikasi yang tidak sering kamu gunakan tetapi masih menggunakan banyak baterai.

Aplikasi apa pun yang menggunakan lebih dari beberapa persen layak untuk dilihat demi menghemat baterai. Apa pun yang merupakan aplikasi atau layanan Google mungkin bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan dan hanya merupakan bagian alami dari Android dan Layanan Google.

Cara memeriksa aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai di Android

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Masuk ke Baterai.
  3. Pilih Penggunaan baterai.

2. RAM

Cara menggunakan fitur baterai adaptif untuk menghemat daya ponsel agar tidak cepat habis foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Dengan menggunakan opsi Pengembang, kamu juga dapat melihat aplikasi mana yang mendominasi memori RAM ponsel kamu. Mungkin sebuah aplikasi tidak menggunakan banyak baterai, tetapi ketika ponsel kamu hanya bekerja dengan RAM 2GB, dan aplikasi yang tidak kamu gunakan menghabiskan beberapa ratus MB, itu akan membuat kamu kekurangan memori yang tersedia.

Cara memeriksa penggunaan RAM

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Ketuk Tentang telepon.

3. Gulir ke bawah ke nomor Build dan ketuk tujuh kali untuk mengaktifkan opsi Pengembang.

4. Kamu akan diminta untuk memasukkan PIN.

5. Kamu sekarang menjadi Pengembang.

6. Kembali ke menu Pengaturan utama.

7. Masuk ke Sistem.

8. Pilih Opsi pengembang.

9. Tekan Layanan yang sedang berjalan.

Di sini, kamu dapat melihat proses mana yang sedang berjalan, RAM yang digunakan dan tersedia, serta aplikasi mana yang menggunakannya. Sekali lagi, beberapa layanan ini sangat penting untuk menjaga ponsel tetap berjalan. Akan lebih baik jika kamu mencari aplikasi yang menuntut banyak menggunakan daya atau RAM yang telah kamu unduh.

(brl/red)