Cara menggunakan fitur FaceTime di ponsel Android, kamu bisa ngobrol lintas platform

Cara menggunakan fitur FaceTime di ponsel Android, kamu bisa ngobrol lintas platform

Techno.id - Selama beberapa tahun belakangan ini, Apple mencoba lebih terbuka dengan platform lain termasuk Android. Selama ini, Apple selalu menjaga ketat setiap teknologi dan aplikasinya yang hanya bisa digunakan di ekosisten Apple. Sebut saja iMessage dan FaceTime yang selama ini hanya dapat digunakan di perangkat Apple.

Namun kini Apple memungkinkan orang-orang yang memiliki ponsel Android atau laptop Windows untuk bergabung dengan panggilan FaceTime dengan pengguna iPhone. Itu sebabnya pada tahun 2021, Apple mengejutkan banyak orang dengan mengumumkan bahwa pengguna Android dan PC dapat bergabung dengan panggilan FaceTime.

Begitu juga dengan iMessage yang selama ini eksklusif untuk iOS, namun pada Apple mengumumkan dukungan RCS sebagai bagian dari iOS 18 di Worldwide Developers Conference pada bulan Juni. Artinya, layanan ini bisa digunakan secara luas di ponsel Android untuk mengirim SMS.

Ketika Apple mengumumkan perluasan akses FaceTime, banyak yang beranggapan Apple telah membuat FaceTime untuk Android. Namun faktanya Apple hanya memungkinkan orang bergabung dengan panggilan FaceTime dari browser web.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara memulai panggilan FaceTime ke pengguna Android jika kamu adalah pengguna iPhone, dan cara menerima panggilan FaceTime jika kamu menggunakan ponsel Android.

Cara obrolan video di Android atau PC

Cara menggunakan fitur FaceTime di ponsel Android, kamu bisa ngobrol lintas platform foto: apple

Untuk obrolan di PC atau perangkat Android, maka pemilik iPhone, iPad, atau MacBook harus memulainya. Berikut cara memulai panggilan FaceTime sebagai pengguna iOS.

1. Buka aplikasi FaceTime di iPhone atau iPad.

2. Ketuk Buat Tautan.

3. Layar akan meluncur ke atas dari bawah yang bertuliskan Tautan FaceTime.

4. Klik Tambahkan Nama untuk memasukkan nama obrolan.

5. Di layar yang sama, kamu akan melihat opsi untuk membagikan tautan FaceTime melalui Pesan, Mail, Kalender, atau aplikasi lain di iPhone atau iPad. Kamu juga dapat memilih untuk menyalin dan menempelkan tautan sendiri.

Prosesnya hampir identik dengan membuat tautan panggilan video FaceTime dari MacBook. Pertama, kamu harus membuat tautan FaceTime di perangkat Apple dan kemudian kamu dapat membagikannya dengan pengguna Android, yang kemudian dapat mereka buka di browser web. Jika kamu adalah pengguna Android, berikut cara bergabung dengan panggilan FaceTime.

1. Klik tautan panggilan FaceTime yang dikirim pengguna iOS.

2. Tautan akan terbuka di browser. Kamu memerlukan Chrome atau Edge versi terbaru.

3. Masukkan nama kamu, lalu ketuk Lanjutkan.

4. Tunggu host iOS mengizinkan kamu masuk.

5. Nikmati percakapan FaceTime lintas platform.

Jika kamu menggunakan PC, proses ini juga berfungsi. Ingat, alternatif Android termasuk Google Meet, Zoom, dan Microsoft Teams memungkinkan pengguna Android memulai panggilan video, dan tetap menjadi pilihan bagus untuk panggilan video antara perangkat Android dan iOS.

(brl/red)