Cara menggunakan LocalSend untuk mentransfer file antar perangkat lintas platform secara nirkabel

Cara menggunakan LocalSend untuk mentransfer file antar perangkat lintas platform secara nirkabel

Techno.id - Mengirim file ke seluruh perangkat yang menjalankan sistem operasi yang sama atau berada dalam ekosistem yang sama biasanya cukup mudah. Tetapi ketika kamu membutuhkan solusi lintas platform, pilihannya sangat terbatas. Di situlah aplikasi pihak ketiga seperti LocalSend berguna.

LocalSend adalah aplikasi berbagi file sumber terbuka gratis yang tersedia di semua platform utama yang dapat kamu gunakan untuk mengirim file ke perangkat apa pun di jaringan lokal.

LocalSend diklaim lebih baik dibanding AirDrop

Cara menggunakan LocalSend untuk mentransfer file antar perangkat lintas platform secara nirkabel foto: freepik

Meskipun AirDrop milik Apple secepat kilat dan mudah digunakan, namun aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat non-Apple. Aplikasi ini mirip dengan fitur Quick Share, yang berfungsi di Android, ChromeOS, Windows, dan Linux (secara tidak resmi).

Perangkat iOS tidak dapat mengirim file ke PC Windows melalui AirDrop, dan ponsel Android tidak dapat mengirim file ke MacBook melalui Quick Share. Di sinilah LocalSend berfungsi. Aplikasi ini dapat mengirim file lintas platform tanpa memerlukan koneksi internet.

Aplikasi ini juga merupakan perangkat lunak gratis dan sumber terbuka, yang berarti kode sumber tersedia untuk siapa saja yang membutuhkannya, apakah untuk memeriksanya untuk bug dan masalah keamanan atau untuk berkontribusi pada sebuah proyek. Kemampuan LocalSend untuk beroperasi tanpa koneksi internet membuatnya lebih andal daripada layanan lintas platform lainnya seperti Snapdrop dan PairDrop.

Selain itu, aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini berfungsi hampir semulus layanan bawaan dan membutuhkan sedikit atau tanpa pengaturan. Menariknya, aplikasi ini benar-benar bebas iklan dan menawarkan enkripsi ujung ke ujung yang aman untuk mencegah siapa pun mengintip file kamu saat transit.

Cara menggunakan LocalSend antar perangkat selular

Cara menggunakan LocalSend untuk mentransfer file antar perangkat lintas platform secara nirkabel foto: play.google.com

Untuk mentransfer file antara dua ponsel, kamu perlu menginstal LocalSend di setidaknya salah satunya. Setelah diluncurkan, aplikasi akan menetapkan nama funky ke perangkat, seperti Nice Apple atau Fine Carrot. Kamu dapat mengubahnya menjadi apa pun yang kamu suka di pengaturan aplikasi.

LocalSend bekerja melalui koneksi nirkabel, jadi pastikan kedua perangkat terhubung ke jaringan lokal. Jika kamu tidak menggunakan router, aktifkan fitur hotspot di satu perangkat dan sambungkan perangkat kedua ke perangkat tersebut.

Selanjutnya, navigasikan ke tab Kirim di aplikasi LocalSend. Kamu dapat mengirim file, media, teks, dan bahkan seluruh folder. Kamu akan melihat perangkat terdekat dengan aplikasi yang berjalan di jaringan yang sama.

Mengirim file semudah memilih file yang ingin kamu kirim melalui panel Pilihan dan memilih perangkat untuk mengirimkannya dari perangkat Terdekat. Penerima akan diberi tahu tentang transfer dan dapat memilih untuk menerima atau menolak transfer. Penerima dapat mengetuk Opsi untuk memilih folder untuk menyimpan file dan mengganti namanya. Kamu juga dapat mengirim file langsung dari file explorer dengan memilih file, mengklik ikon Bagikan, dan memilih LocalSend dari daftar layanan yang ditampilkan.

(brl/red)