Cara menggunakan Parallels Desktop untuk menjalankan Windows 11 di MacBook

Cara menggunakan Parallels Desktop untuk menjalankan Windows 11 di MacBook

Techno.id - Meskipun banyak orang menggunakan MacBook sebagai daily driver, namun terkadang kamu juga perlu memakai Windows sesekali. Lantas, apakah kamu perlu membeli laptop terpisah? Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan Parallels Desktop untuk menjalankan Windows 11 di MacBook. Begini cara melakukannya.

Cara kerja Parallels Desktop

Cara menggunakan Parallels Desktop untuk menjalankan Windows 11 di MacBook foto: parallels desktop

Parallels Desktop adalah aplikasi virtualisasi. Ini adalah salah satu platform virtualisasi terbaik untuk menjalankan sistem operasi keduaseperti Windows atau Linuxdi dalam sistem operasi saat ini. Untuk melakukan ini, Parallels meniru sistem komputer lengkap dengan apa yang disebut mesin virtual (VM).

Berkat virtualisasi, kamu dapat menjalankan Windows 11 di jendela bersama macOS, namun dengan mengorbankan kecepatan dan masa pakai baterai. Perlu diingat bahwa tidak banyak aplikasi PC yang memiliki dukungan asli untuk Windows di ARM, versi Windows yang dikompilasi untuk perangkat ARM64 seperti laptop Snapdragon X Elite dan bahkan Mac Apple silicon.

Virtualisasi Windows 11 dengan Paralel

Menggunakan Parallels Desktop versi 18 dan yang lebih baru, kamu dapat mengunduh, menginstal, dan mengonfigurasi Windows 11 di MacBook hanya dengan beberapa klik. Parallels juga menyediakan chip TPM virtual dan dukungan untuk fitur Windows seperti BitLocker, Secure Boot, dan Windows Hello. Mendapatkan fitur keamanan ini adalah salah satu alasan untuk menginstal Windows di MacBook.

1. Unduh Parallels Desktop

Dapatkan uji coba gratis Parallels Desktop untuk macOS dengan mengunjungi situs web Parallels Desktop, lalu klik tombol Coba Gratis. Kamu dapat menggunakan fitur Parallels tanpa batasan selama masa percobaan 14 hari. Dengan penginstal yang diunduh, buka gambar disk Instal Parallels Desktop dari folder Unduhan.

Dengan gambar disk terpasang, klik dua kali tombol Instal Parallels Desktop di penginstal. Jika melihat peringatan bahwa aplikasi telah diunduh dari internet, klik Buka untuk melanjutkan. Untuk menyelesaikan penginstalan Parallels, kamu harus menyetujui persyaratan untuk memulai proses pengunduhan, memverifikasi identitas dan mengizinkan Parallels mengakses MacBook kamu.

2. Instal Windows 11 di Parallels

Luncurkan Parallels dan Asisten Instalasi akan mengambil alih. Jika tidak muncul, klik menu File dan pilih Baru untuk membuat mesin virtual baru. Klik tombol Instal Windows untuk mengizinkan Parallels mengunduh dan menginstal Windows 11.

Di halaman berikutnya, pilih untuk apa yang ingin kamu gunakan Parallels, atau cukup klik Lanjutkan untuk menggunakan opsi Produktivitas default. Setelah itu, Parallels akan memulai proses pengunduhan.

Jika Parallels meminta akses ke penyimpanan sistem setelah mengunduh Windows, klik Izinkan. Setelah selesai, Parallels akan memvalidasi dan meluncurkan penginstal.

Mungkin perlu beberapa saat untuk menginstal Windows 11bersabarlah karena Parallels mengoptimalkan Windows 11 di MacBook. Kamu akan melihat pesan Instalasi Selesai di akhir proses. Pada saat itu, klik layar untuk melanjutkan.

3. Selesaikan instalasi

Cara menggunakan Parallels Desktop untuk menjalankan Windows 11 di MacBook foto: parallels desktop

Kamu akan diminta untuk membuat akun Parallels gratis atau masuk ke akun yang sudah ada. Pilih Saya pengguna baru untuk membuat akun baru atau Saya memiliki kata sandi untuk masuk ke akun yang sudah ada.

Kamu dapat Masuk dengan Apple dan menghindari berbagi alamat email asli. Parallels Desktop menyertakan uji coba gratis 14 hari tanpa batasan. Setelah kedaluwarsa, kamu harus membeli lisensi dari situs web Parallels.

Parallels akan mem-boot VM kamu untuk menyelesaikan penginstalan Windows 11. Perjanjian Lisensi Windows muncul berikutnya, jadi klik tombol Terima untuk melanjutkan.

Kamu sekarang harus mendarat di desktop Windows 11 di jendela macOS. Dengan semua yang diinstal dan diatur dengan benar, kamu dapat menjalankan aplikasi dan game Windows favorit bersama macOS. Kamu dapat menutup VM kapan saja dengan mengklik Tindakan di bilah menu Windows 11 dan memilih Shutdown. Kamu kemudian dapat keluar dari Windows 11 dengan aman.

(brl/red)