Cara menggunakan ponsel cerdas sebagai mikrofon Windows

Cara menggunakan ponsel cerdas sebagai mikrofon Windows

Techno.id - Baik kamu sedang bermain game dengan teman atau bergabung dengan panggilan Zoom untuk bekerja, mikrofon sangat diperlukan. Tetapi jika kamu tidak memiliki mikrofon khusus untuk PC, kamu dapat menggunakan ponsel cerdas sebagai mikrofon Windows.

Cara menggunakan ponsel Android sebagai mikrofon Windows

Cara menggunakan ponsel cerdas sebagai mikrofon Windows foto: tangkapan layar

Jika memiliki ponsel Android, kamu dapat menggunakannya sebagai mikrofon Windows secara gratis dengan AudioRelay. Untuk membuatnya berfungsi, yang kamu butuhkan hanyalah Wi-Fi di ponsel cerdas dan koneksi internet di komputer Windows. Setelah menginstal AudioRelay di kedua perangkat, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Di aplikasi seluler, buka tab Server dan ketuk Mikrofon untuk mengalirkan mikrofon kamu ke perangkat lain.

2. Di klien desktop, buka tab Pemutar. Di bawah Mode, centang tombol radio di sebelah Mikrofon.

3. Di bagian bawah, di bagian Server, ponsel kamu akan muncul. Klik nama ponsel kamu, dan itu akan membuat koneksi.

Selanjutnya, kamu harus memberi tahu PC Windows untuk menggunakan AudioRelay sebagai mikrofon.

Cara menggunakan ponsel cerdas sebagai mikrofon Windows foto: tangkapan layar

1. Klik kanan ikon volume di bilah tugas Windows dan pilih Pengaturan Suara (atau Suara di Windows 10).

2. Di bawah bagian Input, pilih Mikrofon Virtual untuk AudioRelay. Jika kamu menggunakan Windows 10, buka tab Perekaman, klik kanan Mikrofon Virtual untuk AudioRelay, dan pilih Tetapkan sebagai Perangkat Default.

Mulailah berbicara, dan kamu akan melihat bilah volume bergerak mengikuti suarakamu. Atau, jika kamu tidak yakin apakah itu berfungsi, uji mikrofon dalam program seperti Zoom. Pastikan untuk mengatur perangkat input ke Virtual Mic untuk AudioRelay di aplikasi yang kamu gunakan.

Hanya ada beberapa hal yang harus diingat. Opsi koneksi lain ada, tetapi Bluetooth memiliki masalah latensi dan USB kabel tidak berfungsi. Disarankan untuk tetap menggunakan Wi-Fi, yang merupakan mode default.

Perhatikan bahwa versi gratisnya membatasi kamu untuk satu jam penggunaan terus menerus. Setelah itu, kamu harus memulai ulang koneksi dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

(brl/red)