Cara menggunakan smartphone lama menjadi kamera keamanan gratis

Cara menggunakan smartphone lama menjadi kamera keamanan gratis

Techno.id - Saat kamu memperbarui smartphone, ada beberapa opsi yang bisa kamu lakukan terhadap perangkat lama. Menjualnya kembali, diberikan kepada sanak saudara yang membutuhkan, atau menyimpannya.

Nah ketimbang sekadar menyimpannya di laci dan akan diselimuti debu, ada baiknya kamu manfaatkan smartphone lama untuk sesuatu yang lebih berguna. Kamu dapat menjadikan smartphone lama sebagai kamera keamanan atau CCTV.

Meskipun ada banyak hal yang perlu diketahui saat membeli kamera keamanan, menggunakan ponsel cerdas lama bisa menjadi alternatif yang hemat biaya. Cara DIY (Do It Yourself) ini merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan keamanan rumah tanpa merusak kantong.

Dengan beberapa kreativitas dan aplikasi yang tepat, smartphone lama kamu dapat menjadi alat keamanan serbaguna. Yang kamu butuhkan hanyalah unduhan aplikasi cepat, beberapa waktu pengaturan, dan mungkin dudukan telepon khusus. Berikut cara mengubah ponsel cerdas lama kamu menjadi kamera CCTV.

Cara menggunakan smartphone lama menjadi kamera keamanan gratis Alfred Home Security Camera (foto: apps.apple.com)

1.Pastikan smartphone lama kamu aman

Sebelum menggunakan ponsel lama sebagai kamera keamanan, hapus data pribadi dengan mengatur ulang dan perbarui perangkat lunaknya untuk menjaga keamanan.

2. Pilih aplikasi kamera keamanan

Unduh aplikasi kamera keamanan di ponsel lama dan baru kamu. Ada banyak aplikasi, salah satunya kamu bisa menggunakan Alfred Home Security Camera yang bisa diunduh dari Apple Store. Ini adalah opsi lintas platform populer yang menawarkan fitur seperti streaming langsung, deteksi gerakan, dan penyimpanan cloud.

3. Siapkan aplikasi

Instal aplikasi keamanan di ponsel cerdas lama dan ponsel kamu saat ini. Untuk mempermudah, kamu dapat memasangkannya dengan memindai kode QR. Perangkat akan ditautkan secara otomatis.

4. Atur peran kamera dan penampil

Pastikan perangkat lama disetel ke Kamera, dan ponsel kamu saat ini disetel ke Penampil. Kamu dapat mengubahnya dengan mengklik di bagian atas layar dan memilih dari menu tarik-turun.

5. Posisikan kamera keamanan baru kamu

Pilih lokasi strategis untuk kamera keamanan darurat kamu. Pertimbangkan titik masuk, area penyimpanan yang berharga, atau tempat rentan lainnya di rumah. Pastikan Deteksi Aktivitas berfungsi dengan baik dengan menempatkan ponsel dalam jarak 1-2 meter dari objek yang diinginkan.

6. Sesuaikan pengaturan

Sesuaikan pengaturan kamera keamanan, seperti mengaktifkan sensitivitas deteksi gerakan dan notifikasi, agar sesuai dengan kebutuhan kamu.

7. Mulai memantau

Jika perlu, kamu dapat memasang ponsel cerdas menggunakan tripod atau dudukan mobil untuk memposisikan ponsel tersebut. Untuk tampilan yang lebih luas, pertimbangkan untuk menambahkan lensa sudut lebar yang murah. Pertimbangkan untuk tetap mencolokkannya ke sumber daya untuk menghindari baterai mati. Kamu dapat mengakses umpan langsung dari ponsel baru dan mulai mengawasi ruang dari mana saja.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat menghidupkan smartphone lama sebagai kamera keamanan yang ramah anggaran. Meskipun mungkin tidak cocok dengan kemampuan sistem keamanan tingkat atas, ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan keamanan rumah tanpa biaya tambahan.

(brl/red)