Cara menghapus dan memperbaiki peringatan “kelembaban terdeteksi” di ponsel Samsung

Cara menghapus dan memperbaiki peringatan “kelembaban terdeteksi” di ponsel Samsung

Techno.id - Sebagai pengguna ponsel cerdas Samsung, mungkin kamu pernah melihat ikon tetesan air dengan notifikasi terdeteksi kelembapan saat mengisi daya. Jika mendapatkan notifikasi seperti itu, sebaiknya cabut kabelnya dan biarkan mengering.

Namun, peringatan yang membuat frustrasi ini terkadang muncul karena kesalahan dan tidak kunjung hilang. Pesan ini biasanya hanya muncul saat terjadi kelembapan di port pengisian daya ketika berada di luar ruangan, di tepi kolam renang, atau di hari yang panas dan lembap. Jika mengalami kondisi tersebut, ada beberapa Langkah yang harus kamu lakukan.

Periksa dan bersihkan port pengisian daya

Cara menghapus dan memperbaiki peringatan kelembaban terdeteksi di ponsel Samsung foto: freepik/goodmood_studio

Pertama, kamu harus memastikan perangkat dan port pengisian daya benar-benar kering. Coba bersihkan semuanya dengan handuk lembut dan gunakan Qtip atau kit pembersih port pengisi daya untuk membersihkan port USB-C.

Selanjutnya, kamu harus memberikan waktu yang tepat untuk mengeringkannya. Pertimbangkan untuk tidak menggunakan ponsel cerdas kamu dan letakkan di ruang yang hangat beberapa menit, meniupkan sedikit udara ke port USB-C, atau meletakkannya di depan kipas angin dengan putaran lembut. Jangan terburu-buru dalam prosesnya, tetapi jika kamu benar-benar perlu mengisi daya perangkat, gunakan pengisi daya nirkabel jika ada.

Banyak ponsel Samsung Galaxy yang tahan air IP67 atau 68, tetapi itu tidak berarti mereka sepenuhnya tahan air. Kamu tetap harus berhati-hati, dan jika ada terlalu banyak uap air di port USB-C, kamu dapat melihat kesalahan deteksi kelembapan. Setelah semuanya kering, mulai ulang ponsel kamu dan coba isi dayanya lagi. Jika pesan berlanjut dan kamu masih tidak dapat mengisi daya, inilah saatnya untuk mengambil tindakan lain.

Ini yang seharusnya jangan kamu lakukan

Cara menghapus dan memperbaiki peringatan kelembaban terdeteksi di ponsel Samsung foto: freepik/user6740038

Selama ini ada anggapan jika ponsel terkena air, sebaiknya dimasukkan ke dalam kantong berisi beras. Tetapi itu adalah ide yang buruk. Sebab, jika kamu melakukan hal tersebut, justru akan menambah kotoran atau remah beras yang akan masuk ke dalam port pengisian daya. Sebaiknya seka ponsel kamu hingga kering menggunakan kain lembut untuk membersihkan port pengisi daya. Kamu harus berhati-hati melakukannya.

Jangan memasukkan apa pun terlalu jauh ke dalam port pengisi daya USB-C, atau kamu akan merusak lapisan jaring kedap air. Pertimbangkan menggunakan kipas kecil atau mengipasi port dengan tangan untuk mengalirkan udara.

Meskipun Samsung mengatakan kamu dapat menggoyangkan ponsel untuk mengeluarkan air apa pun di port, lakukan ini dengan sangat hati-hati, karena dapat menyebabkan air menembus lebih dalam.

(brl/red)