Cara menghapus kata sandi dari file PDF

Cara menghapus kata sandi dari file PDF

Techno.id - Beberapa PDF dienkripsi dengan kata sandi yang harus kamu masukkan setiap kali ingin melihat isi dokumen. Ada banyak cara untuk menghapus kata sandi, tetapi sebagian besar metode mengasumsikan kamu mengetahui kata sandi untuk PDF terenkripsi. Berikut dua cara untuk menghapus kata sandi dari PDF dengan alat bawaan atau perangkat lunak pihak ketiga.

1. Gunakan fitur Simpan sebagai PDF atau Cetak ke PDF

Cara menghapus kata sandi dari file PDF foto: tangkapan layar

Ini mungkin tampak sedikit konyol, tetapi kamu dapat dengan mudah dan nyaman menghapus kata sandi dari file PDF dengan membukanya dan mencetaknya ke PDF baru atau hanya menyimpannya sebagai PDF baru. Sistem kamu akan membuat salinan duplikat PDF, dan salinan duplikat itu tidak akan memiliki kata sandi.

Trik ini hanya akan berhasil jika PDF tidak memiliki batasan pencetakan. Namun, banyak file PDF hanya dilindungi kata sandi untuk memberikan enkripsi dan dapat dicetak secara normal setelah kamu memberikan kata sandi.

Kamu dapat melakukan ini dengan beberapa cara. Jika menggunakan Chrome di Windows, macOS, Linux, atau Chrome OS, kamu dapat melakukannya langsung melalui browser.

1. Buka dokumen PDF dan berikan kata sandi yang diperlukan. Klik tombol Cetak (ikon printer) pada bilah alat PDF saat melihat dokumen yang dilindungi kata sandi.

2. Klik menu tarik-turun yang memungkinkan kamu memilih printer, lalu pilih Simpan sebagai PDF.

3. Klik tombol Simpan, dan kamu akan diminta untuk memberikan nama dan lokasi untuk PDF baru. PDF baru akan berisi konten yang sama dengan PDF asli, tetapi tidak akan dilindungi kata sandi.

4. Jika tidak memiliki opsi Simpan ke PDF karena alasan tertentu, cari Cetak ke PDF sebagai gantinya. Kamu dapat menggunakan trik ini di penampil PDF apa pun di Windows 10 atau Windows 11. Cukup pilih Microsoft Print to PDF sebagai printer. Namun, pada versi Windows yang lebih lama, kamu perlu menginstal printer PDF pihak ketiga.

Metode Simpan sebagai PDF juga berfungsi pada sistem operasi lain. Misalnya, di MacBook, kamu dapat melakukannya dengan Pratinjau, atau penampil PDF lainnya. Begini caranya.

1. Buka dokumen yang dilindungi di Pratinjau dan berikan kata sandi yang diperlukan. Klik File > Cetak untuk membuka dialog cetak, atau tekan Command+P.

2. Klik tombol menu PDF di bagian bawah dialog cetak dan pilih Simpan sebagai PDF.

3. Masukkan nama file dan lokasi untuk file PDF baru saat diminta. File PDF baru akan memiliki konten yang sama dengan aslinya, tetapi tidak ada kata sandi.

2. Metode resmi, gunakan Adobe Acrobat Pro

Cara menghapus kata sandi dari file PDF foto: adobe

Kamu juga dapat melakukannya dengan cara resmi menggunakan aplikasi berbayar Adobe Acrobat Pro. Ini adalah program yang berbeda dari penampil PDF Adobe Acrobat Reader gratis yang dimiliki kebanyakan orang.

Adobe menawarkan uji coba gratis Acrobat Pro selama seminggu. Adobe Acrobat Pro akan berfungsi meskipun PDF memiliki batasan pencetakan, dan tidak dapat dicetak di aplikasi lain menggunakan trik di atas.

1. Buka file PDF di Adobe Acrobat Pro dan berikan kata sandi untuk melihatnya. Klik Menu di pojok kiri atas, turun ke Perlindungan, lalu pilih Properti Keamanan. Anda juga dapat mengklik Menu > Properti Dokumen dan klik tab Keamanan untuk mendapatkan opsi yang sama.

2. Klik kotak Metode Keamanan, pilih Tanpa Keamanan, dan klik OK untuk menghapus kata sandi.

3. Kamu kemudian dapat membuka Menu > Simpan untuk melakukan perubahan, atau dapat menutup Acrobat Proini akan memaksa kamu untuk mengonfirmasi bahwa kamu ingin menyimpan perubahan yang dibuat sebelum keluar.

Tidak ada cara cepat atau mudah untuk menghapus kata sandi dari PDF jika tidak mengetahui kata sandi sebelumnya, dan metode yang ada tidak legal di sebagian besar yurisdiksi jika kamu tidak memiliki PDF.

(brl/red)