Cara menghapus sepenuhnya sisa aplikasi dan program di Windows biar ruang penyimpanan makin lega

Cara menghapus sepenuhnya sisa aplikasi dan program di Windows biar ruang penyimpanan makin lega

Techno.id - Menghapus aplikasi yang tidak diperlukan dari komputer akan membebaskan sumber daya. Tetapi beberapa aplikasi Ketika kamu sudah menghapusnya, tidak semua berkas atau file yang terkait aplikasi tersebut dihapus. Seringkali masih ada sisa-sisa berkas yang ditinggalkan aplikasi tersebut.

Haruskah menghapus sepenuhnya program dan aplikasi di Windows?

Jika kamu akan menginstal program nanti, kamu dapat meninggalkan sisa-sisa aplikasi yang dihapus. Itu karena instalasi program di masa depan dapat menggunakan datatersebut dan tidak harus memulai dari awal lagi.

Namun, jika kamu tidak akan menggunakan program yang dihapus lagi, pastikan hapus sepenuhnya. Atau, jika mencopot pemasangan aplikasi karena bermasalah, dan kamu ingin menginstalnya kembali sebagai perbaikan, sisa berkas dapat menyebabkan masalah. Terkadang, ada baiknya untuk memberikan aplikasi yang benar-benar bersih. Berikut cara menghapus sisa-sisa berkas aplikasi atau program dari perangkat Windows.

1. Hapus entri registri

Cara menghapus sepenuhnya sisa aplikasi dan program di Windows biar ruang penyimpanan makin lega foto: tangkapan layar

Beberapa aplikasi menyimpan data yang dibutuhkan di registri, termasuk pengaturan dan preferensi atau informasi mengenai periode percobaan. Saat kamu menghapus instalan aplikasi, aplikasi tersebut mungkin tidak menghapus informasi dari registri. Itu berarti kamu perlu menghapusnya secara manual. Begini caranya.

1. Tekan Win + R untuk membuka Run. Kemudian, ketik regedit di kotak teks dan klik OK untuk meluncurkan Editor Registri. Buka tombol HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWARE

2. Temukan kunci yang terkait dengan aplikasi yang kamu hapus, klik kanan, dan pilih Hapus.

3. Klik Ya untuk mengonfirmasi bahwa kamu ingin menghapus kunci. Pelajari tombol dengan cermat sebelum menghapusnya karena kamu tidak ingin menghapus yang salah.

2. Hapus folder sisa secara manual

Cara menghapus sepenuhnya sisa aplikasi dan program di Windows biar ruang penyimpanan makin lega foto: tangkapan layar

Ada beberapa folder dan direktori tempat Windows menempatkan aplikasi yang diinstal. Di situlah kamu harus mencari jika ingin menemukan sisa-sisa aplikasi. Begini caranya.

1. Tekan Win + E untuk membuka File Explorer, navigasikan ke PC Ini, dan buka drive instalasi kamu (biasanya drive C:).

2. Kemudian, lihat di folder Program Files dan Program Files (x86).

3. Jika kamu menemukan folder yang tersisa dari program yang dihapus, maka hapus.

4. Selanjutnya, tekan Win + R untuk membuka Windows Run. Kemudian, ketik %appdata% di kotak teks dan klik OK.

5. Ini akan membuka subfolder Roaming di folder AppData, di mana kamu dapat menghapus folder dan file yang tidak diperlukan.

6. Terakhir, klik panah atas (di sisi kiri bilah alamat) untuk membuka folder AppData. Kemudian, lakukan pembersihan yang sama di folder Local dan LocalLow.

3.Hapus file temp

Cara menghapus sepenuhnya sisa aplikasi dan program di Windows biar ruang penyimpanan makin lega foto: tangkapan layar

Folder Temp adalah tempat Windows menyimpan konfigurasi peluncuran dan data cache dari berbagai aplikasi. Windows menghapus data secara berkala, biasanya setelah beberapa hari atau ketika ambang batas tertentu terpenuhi. Tetapi kamu dapat secara manual menyingkirkan data di dalam folder sendiri setelah mencopot pemasangan aplikasi. Begini caranya.

1. Lakukan pencarian sistem untuk Disk Cleanup dan pilih dari hasil pencarian untuk meluncurkan utilitas.

2. Pilih drive tempat program dihapus dan klik OK.

3. Di Disk Cleanup, gulir ke bawah, centang kotak Temporary Files, dan klik OK. Di popup, klik Hapus File untuk menghapus folder sementara.

Kamu juga dapat menghapus sisa-sisa aplikasi secara manual di folder Temp itu sendiri. Untuk melakukannya, tekan Win + R untuk membuka Run. Kemudian, masukkan %temp% di kotak teks dan klik OK. Di folder temp, hapus file apa pun yang terkait dengan program yang kamu hapus.

Membersihkan sisa-sisa aplikasi yang dihapus tidak hanya menjaga semuanya tetap rapi, tetapi juga memiliki keuntungan tambahan untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

(brl/red)