Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang di ponsel Android agar tak menguras baterai

Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang di ponsel Android agar tak menguras baterai

Cara menghentikan aplikasi di latar belakang

Cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang

Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang di ponsel Android agar tak menguras baterai foto: freepik/grinvalds

Cara terbaik untuk meringankan beban sumber daya sistem Android dan memperpanjang masa pakai baterai adalah dengan memastikan aplikasi yang berjalan di latar belakang hanyalah aplikasi yang ingin kamu jalankan.

Ada beberapa cara untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang dan menggunakan sumber daya Android.

1. Buka Pengaturan > Sistem > Opsi Pengembang. Jika kamu tidak melihat Opsi Pengembang, gulir ke bawah dan pilih Tentang ponsel, lalu cari nomor Build dan ketuk tujuh kali.

2. Ketuk Layanan yang Sedang Berjalan. Ini menunjukkan aplikasi yang saat ini berjalan di perangkat Android kamu, berapa banyak RAM yang digunakan, dan berapa lama masing-masing aplikasi berjalan.

3. Untuk melihat aplikasi yang menggunakan daya baterai, buka Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai.

4. Saat kamu melakukan langkah selanjutnya, cari dan pertimbangkan untuk menutup aplikasi apa pun yang menggunakan memori atau daya baterai yang berlebihan dan tidak dioptimalkan.

5. Untuk mengalihkan ponsel kamu ke mode hemat baterai, buka Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai dan nyalakan sakelar Gunakan Penghemat Baterai.

6. Pada perangkat Samsung, buka Perawatan Perangkat > Baterai > Mode daya dan pilih Penghematan daya sedang atau Penghematan daya maksimum.

(brl/red)