Cara menginstal dan menjalankan Google Gemini sebagai aplikasi di Windows 11 atau 10

Cara menginstal dan menjalankan Google Gemini sebagai aplikasi di Windows 11 atau 10

Techno.id - Tidak ada aplikasi Windows resmi untuk Gemini berbasis web Google, tetapi kamu dapat membuatnya di Windows 10 dan 11 menggunakan Edge atau Chrome. Ini kemudian berfungsi seperti aplikasi lain di komputer, lengkap dengan ikon aplikasi yang dapat disesuaikan. Kamu dapat membuat aplikasi Gemini menggunakan browser web Edge atau Chrome. Begini caranya.

Menggunakan Microsoft Edge

Cara menginstal dan menjalankan Google Gemini sebagai aplikasi di Windows 11 atau 10 foto: tangkapan layar

1. Jika kamu menggunakan Microsoft Edge, luncurkan browser dan buka situs web Google Gemini. Jika belum melakukannya, masuk ke akun Google kamu.

2. Di pojok kanan atas Edge, klik tiga titik dan pilih Aplikasi > Instal Situs Ini sebagai aplikasi. Opsi ini mengubah situs apa pun menjadi aplikasi Windows.

3. Kamu akan melihat kotak Instal Situs Ini sebagai Aplikasi. Nama aplikasi sudah diisi sebelumnya, tetapi kamu dapat mengubahnya dengan mengklik nama yang ada. Untuk menyesuaikan ikon aplikasi, di bawah ikon saat ini, klik Edit, dan pilih file ICO atau PNG dari komputer.

4. Kemudian, instal aplikasi dengan memilih Instal.

5. Edge akan membuat dan meluncurkan Gemini sebagai aplikasi asli.

Menggunakan Google Chrome

Cara menginstal dan menjalankan Google Gemini sebagai aplikasi di Windows 11 atau 10 foto: tangkapan layar

1. Jika kamu menggunakan Google Chrome, luncurkan dan akses situs Google Gemini. Login ke akun Google kamu jika belum melakukannya.

2. Di pojok kanan atas Chrome, klik tiga titik dan pilih Simpan dan Bagikan > Instal Halaman sebagai Aplikasi.

3. Kamu akan mendapatkan kotak Instal Halaman Ini sebagai Aplikasi. Chrome telah mengisi nama aplikasi sebelumnya, tetapi kamu dapat mengeditnya dengan mengklik nama saat ini. Kemudian, tambahkan aplikasi ke PC dengan memilih Instal.

4. Chrome akan mulai menginstal Gemini sebagai aplikasi Windows. Setelah itu siap digunakan.

(brl/red)