Cara menginstal iPadOS 17 versi beta publik, pastikan iPad kamu kompatibel

Cara menginstal iPadOS 17 versi beta publik, pastikan iPad kamu kompatibel

Techno.id - Setelah mengujinya di antara para pengembang selama beberapa minggu terakhir, Apple akhirnya merilis pembaruan iPadOS 17 versi beta publik pertama. Iterasi terbaru dari sistem operasi tablet Apple ini membawa sejumlah trik baru.

Sistem operasi ini memindahkan fitur kustomisasi Lock Screen iPhone ke iPad, menambahkan efek gerakan untuk wallpaper, dan menghadirkan widget interaktif bersama dengan sistem Live Activity yang rapi ke Lock Screen.

Apple juga telah mengoptimalkan aplikasi Kesehatan untuk layar besar dan akhirnya membawanya ke iPad. Ditambah lagi, ada fitur kesehatan mental dan penglihatan yang baru. Dari sisi fungsional, iPadOS 17 memungkinkan anotasi PDF, pembaruan kolaborasi real time, kemampuan untuk membuat profil pengguna di Safari, dan menggunakan kamera iPad untuk panggilan FaceTime pada layar eksternal.

Selain itu Stage Manager, akhirnya akan menawarkan fleksibilitas dalam mengubah ukuran dan berpindah-pindah jendela aplikasi. Spotlight mendapatkan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti dengan cerdas, dan Siri akhirnya dapat menerima permintaan berurutan tanpa menggunakan perintah aktivasi berulang kali. Namun sebelum menginstal pembaruan beta publik iPadOS 17 di iPad, ada beberapa hal yang harus diketahui.

Apakah iPad kamu kompatibel?

Cara menginstal iPadOS 17 versi beta publik, pastikan iPad kamu kompatibel foto:apple

Apple telah membuat proses penginstalan pembaruan beta publik cukup mudah. Selain itu, tidak seperti pembaruan beta pengembang, pengguna tidak memerlukan akun pengembang Apple khusus untuk menginstal pembaruan beta.

Namun sebelum membuka situs web perangkat lunak beta Apple dan mendaftar, pastikan iPad kamu kompatibel. Berikut ini adalah daftar tablet Apple yang secara resmi siap untuk versi beta publik pertama iPadOS 17.

1, iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-2 dan yang lebih baru)

2. iPad Pro 10,5 inci

3. iPad Pro 11 inci (generasi pertama dan yang lebih baru)

4. iPad Air (generasi ke-3 dan yang lebih baru)

5. iPad (generasi ke-6 dan yang lebih baru)

6. iPad mini (generasi ke-5 dan yang lebih baru)

Tidak seperti tablet Android, di mana kamu bisa memasang ROM khusus untuk mengatasi pembatasan kompatibilitas, atau Windows yang menawarkan banyak cara untuk melewati hal yang sama, Apple tidak mengizinkan solusi tersebut. Jika iPad kamu kompatibel dengan versi beta pengembang atau publik dari iPadOS 17, maka hanya kamu yang bisa menginstalnya.

Jika kamu menggunakan iPad lama yang tidak memenuhi persyaratan kompatibilitas perangkat keras, maka kamu kurang beruntung. Aspek lain yang harus kamu ingat adalah bahwa tidak semua fitur iPadOS 17 akan berfungsi pada setiap iPad yang didukung. Sebagai contoh, Stage Manager eksklusif berfungsi untuk iPad dengan chip M1 atau M2 di dalamnya.

(brl/red)