Cara mengkloning suara pribadi di iPhone atau MacBook, bisa digunakan untuk berbagai aplikasi

Cara mengkloning suara pribadi di iPhone atau MacBook, bisa digunakan untuk berbagai aplikasi

Techno.id - Salah satu fitur yang mungkin belum pernah kamu temui di iPhone atau MacBook adalah Suara Pribadi. Fitur ini hanya diperkenalkan di iOS 17 dan macOS Sonoma. Opsi ini pada dasarnya menciptakan tiruan suara kamu yang kemudian dapat diunakan di berbagai aplikasi.

Opsi ini dibangun sebagai fitur aksesibilitas bagi mereka yang berisiko kehilangan suara, memberi mereka kesempatan untuk terus berbicara melalui sarana digital bahkan ketika mereka tidak dapat lagi melakukannya secara fisik. Namun, ini adalah fitur yang dapat digunakan siapa saja melalui perangkat Apple.

Bahkan jika suara kamu berfungsi dengan baik, Suara Pribadi adalah fitur yang menarik untuk dijelajahi dan disiapkan. Ada indikasi teknologi ini akan terus dikembangkan menggunakan kecerdasan buatan di tahun-tahun mendatang.

AI pembelajaran mesin pada perangkat digunakan untuk melakukan pemrosesan yang diperlukan, sehingga semua rekaman audio tetap berada di perangkat kamu dan tidak dikirim kembali ke cloud. Tetapi, jika kamu memutuskan untuk membagikannya antar perangkat, ini akan dilakukan dalam bentuk terenkripsi melalui iCloud. Berkat perlindungan yang dibangun Apple, tidak ada yang dapat menggunakan teknologi ini untuk menyamar sebagai kamu dalam panggilan telepon atau rekaman.

Cara mengatur suara pribadi

Cara mengkloning suara pribadi di iPhone atau MacBook, bisa digunakan untuk berbagai aplikasi foto: freepik/grinvalds

Dari perspektif perangkat lunak, kamu memerlukan iOS 17, iPadOS 17, atau macOS Sonoma atau versi yang lebih baru untuk mengatur Suara Pribadi. Untuk perangkat keras, kamu memerlukan iPhone 12, iPad Air generasi ke-5, iPad Pro 11 inci generasi ke-3, iPad Pro 12,9 inci generasi ke-5, atau versi lebih baru, atau MacBook dengan chip Apple silicon di dalamnya M1 atau versi lebih baru.

Perekaman membutuhkan waktu sekitar 15 menit, tetapi kamu tidak perlu melakukan semuanya sekaligus. Jika kamu menggunakan iPhone atau iPad, buka Pengaturan lalu ketuk Aksesibilitas, Suara Pribadi, dan Buat Suara Pribadi. Di MacBook, kamu akan menemukan opsi Aksesibilitas yang sama dengan membuka menu Apple lalu memilih Pengaturan Sistem. Ikuti petunjuk di layar untuk merekam audio, beri nama suara kamu, lalu ulangi frasa seperti yang diminta.

Untuk menjeda sesi perekaman, ketuk atau klik tombol Selesai, atau keluar dari jendela perekaman, dan rekaman yang telah kamu lakukan disimpan untuk kamu kembalikan kapan pun diperlukan. Perhatikan bahwa pemrosesan untuk membuat suara dapat memakan waktu beberapa jam.

Kamu dapat membuat lebih dari satu Suara Pribadi dan dapat menghapus suara apa pun yang telah dikonfigurasi dari layar Suara Pribadi yang sama di Aksesibilitas. Cukup pilih suara untuk memunculkan pilihan untuk menghapusnya. Kamu juga dapat mengekspor rekaman suara yang telah kamu buat jika mau.

Cara menggunakan suara pribadi

Cara mengkloning suara pribadi di iPhone atau MacBook, bisa digunakan untuk berbagai aplikasi foto: tangkapan layar

Buka layar Aksesibilitas dan Suara Pribadi di iPhone, iPad, atau MacBook dan kamu akan melihat dua sakelar, satu untuk berbagi di seluruh perangkat dan satu untuk mengizinkan aplikasi menggunakan Suara Pribadi kamu. Nyalakan keduanya untuk memastikan suara kamu dapat digunakan di setiap perangkat yang digunakan untuk masuk dengan ID Apple yang sama.

Suara Pribadi kamu dapat digunakan sebagai bagian dari fitur aksesibilitas Apple lain yang disebut Live Speech, yang persis seperti namanya, suara kamu yang disintesis digunakan untuk berbicara secara real time.

Untuk mengaturnya, pilih Live Speech dari menu Aksesibilitas di perangkat Apple, kamu akan melihat bahwa suara yang baru dibuat muncul sebagai salah satu opsi untuk output suara, di samping suara sistem default. Kamu juga dapat mengatur bank frasa prasetel dari layar yang sama.

Dengan Live Speech diaktifkan, Kamu dapat mengetuk tiga kali tombol samping di iPhone atau iPad, atau mengklik ikon Live Speech di bar menu di MacBook yang terlihat seperti keyboard. Kamu kemudian dapat mengetik kalimat yang akan dibacakan dengan suara kamu sendiri.

Pintasan Live Speech yang sama dapat digunakan jika kamu berada di aplikasi Telepon atau FaceTime di perangkat, serta di aplikasi lain yang mendukung fitur Live Speech. Setiap kali kotak input teks muncul, kamu akan melihat ikon bookmark di dalamnya. Klik atau ketuk untuk membuka daftar frasa yang disimpan.

(brl/red)