Cara mengontrol aplikasi mana saja yang dapat melacak lokasi kamu di perangkat Android

Cara mengontrol aplikasi mana saja yang dapat melacak lokasi kamu di perangkat Android

Techno.id - Aplikasi di ponsel Android memerlukan akses lokasi untuk melakukan berbagai fungsi. Tetapi itu tidak berarti kamu harus mengorbankan privasi.

Android menawarkan beberapa opsi untuk mengontrol aplikasi mana saja yang dapat melacak keberadaan kamu. Begini cara menentukan aplikasi mana saja yang dapat melacak lokasi kamu.

Cara melihat aplikasi mana yang memiliki izin lokasi

Cara mengontrol aplikasi mana saja yang dapat melacak lokasi kamu di perangkat Android foto: tangkapan layar

Memberikan izin ke aplikasi Android sangat mudah, dan terkadang kamu dapat melakukannya dengan cepat saat menggunakan aplikasi untuk pertama kalinya. Untungnya, Android menunjukkan aplikasi mana yang dapat mengakses data lokasi kamu di satu menu pusat di Pengaturan. Berikut cara mengaksesnya.

1. Buka Pengaturan di ponsel.

2. Gulir ke bawah untuk mengetuk Lokasi.

3. Pilih Izin lokasi aplikasi untuk melihat daftar aplikasi yang dikategorikan berdasarkan akses lokasinya. Di bawah bagian Tidak diizinkan", kamu akan melihat daftar aplikasi yang tidak memiliki akses ke lokasi kamu.

Cara mengubah izin lokasi aplikasi Android

Cara mengontrol aplikasi mana saja yang dapat melacak lokasi kamu di perangkat Android foto: tangkapan layar

Kamu dapat dengan mudah menyesuaikan pengaturan lokasi untuk aplikasi dari menu Izin lokasi aplikasi yang sama. Cukup pilih aplikasi yang ingin kamu ubah izin lokasinya seperti Instagram dan pilih dari salah satu opsi berikut, Izinkan sepanjang waktu, Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi, Tanya setiap saat, atau Jangan izinkan.

Perhatikan bahwa opsi yang tersedia di menu izin lokasi dapat bervariasi untuk aplikasi yang berbeda. Saat memberikan izin lokasi aplikasi, kamu juga dapat mengaktifkan tombol Gunakan lokasi akurat jika perlu. Setelan ini membantu aplikasi seperti Ojek Online dan Google Maps mendeteksi lokasi kamu seakurat mungkin.

Cara memeriksa aplikasi mana yang baru-baru ini meminta lokasi

Cara mengontrol aplikasi mana saja yang dapat melacak lokasi kamu di perangkat Android foto: tangkapan layar

Selain melihat aplikasi mana yang memiliki izin lokasi, Android juga menyimpan catatan kapan aplikasi mengakses lokasi kamu, bersama dengan izin ponsel cerdas penting lainnya. Kamu harus menggunakan fitur Dasbor Privasi Android untuk melihat ini. Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Pengaturan kemudian buka Keamanan & Privasi.

2. Ketuk Privasi dan pilih Dasbor Privasi dari menu tarik-turun.

3. Pada halaman berikutnya, pilih Lokasi untuk masuk ke halaman Penggunaan Lokasi.

Di halaman berikutnya, kamu akan melihat linimasa 24 jam yang menunjukkan aplikasi mana yang baru-baru ini mengakses data lokasi kamu dengan waktu yang tepat. Secara default, Android tidak menampilkan penggunaan lokasi untuk aplikasi dan layanan sistem. Untuk menyertakannya di garis waktu, ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Tampilkan Sistem.

Kamu juga dapat dengan cepat melihat aplikasi mana yang baru-baru ini mengakses data lokasi kamu dengan menuju ke Pengaturan > Lokasi. Jika tidak dapat menemukan fitur Dasbor Privasi di perangkat Android, kamu dapat menggunakan aplikasi khusus untuk mengelola izin aplikasi Android, yang menawarkan pengalaman serupa.

Mengelola izin akses lokasi di Android tidak harus begitu rumit. Mengikuti langkah-langkah di atas akan membantu kamu membatasi akses lokasi untuk aplikasi pihak ketiga dan mendapatkan kembali kendali atas privasi.

(brl/red)