Cara mengoptimalkan PC untuk bermain game, biar makin lancar dan anti nge-lag

Cara mengoptimalkan PC untuk bermain game, biar makin lancar dan anti nge-lag

Techno.id - Bermain game PC bagi sebagian besar gamer memang sangat menantang. Apalagi ketika PC kamu cukup mumpuni untuk memainkan game berat. Namun dengan perangkat keras yang ada, termasuk GPU yang memadai, maka game yang dimainkan akan tampak realistis, smooth di layar.

Terlebih jika didukung prosesor gahar, game akan lebih lancar. Namun ada kalanya, perangkat atau game itu sendiri menjadi kurang optimal setelah lama digunakan. Karena itu perlu dilakukan penyesuaian pada perangkat kamu. Berikut cara mengoptimalkan kinerja game di PC.

1. Perbarui driver dan OS

Cara mengoptimalkan PC untuk bermain game, biar makin lancar dan anti nge-lag foto: freepik/roman-

Bisa dibilang, cara terbaik untuk menjaga PC tetap optimal untuk game adalah dengan selalu memperbarui driver. Sebab, dengan memperbarui ke versi terbaru tidak hanya memastikan bahwa perangkat keras erus berfungsi sebagaimana mestinya, tetapi juga menambahkan berbagai peningkatan kinerja, fitur, dan perbaikan bug.

Driver kartu grafis adalah yang paling penting, karena kartu grafis menangani semua rendering yang memungkinkan grafik yang tajam dan detail dalam game. Kamu harus memperbaruinya sebulan sekali atau setiap kali game triple-A baru dirilis untuk memanfaatkan peningkatan khusus game.

Ada beberapa opsi agar perangkat kamu tetap uptodate, yaitu driver chipset dan sistem operasi. Kamu harus memeriksa pembaruan baru secara proaktif. Ingat, jangan gunakan alat utilitas driver.

2. Aktifkan XMP/EXPO

Cara mengoptimalkan PC untuk bermain game, biar makin lancar dan anti nge-lag foto: freepik/nmmobile789

Extreme Memory Profile (XMP), adalah konfigurasi Intel yang ditetapkan untuk RAM. Ini memungkinkan RAM kamu berjalan pada kecepatan clock yang lebih tinggi, yang secara langsung meningkatkan kinerja.

Cara serupa bisa dilakukan pada chip AMD yang lebih baru yakni dengan melaklukan EXPO (Extended Profiles for Overclocking) dan AMP pada model lama. Beberapa produsen motherboard telah mengembangkan alternatif mereka sendiri untuk Intel XMP dan telah memberi mereka nama yang berbeda, seperti A-XMP (MSI), DOCP (ASUS), dan EOCP (Gigabyte).

Apa pun namanya opsi di komputer, kamu harus mengaktifkannya untuk mendapatkan peningkatan kinerja instan, dan yang signifikan pada saat itu. Dengan mengaktifkannya, kamu bisa mendapatkan sekitar 10-15% lebih banyak FPS di rig AMD. Untuk mengaktifkannya, kamu harus masuk ke BIOS motherboard, lihat manual motherboard kamu untuk petunjuknya.

3. Aktifkan Enable Resizable BAR atau Smart Access Memory

Cara mengoptimalkan PC untuk bermain game, biar makin lancar dan anti nge-lag foto: nvidia

Resizable BAR (ReBAR) NVIDIA GPU dan Smart Access Memory (SAM) pada GPU AMD adalah teknologi serupa yang memberikan akses CPU kamu ke semua VRAM GPU sekaligus, bukan dalam potongan 256MB yang lebih kecil.

ReBAR adalah fitur pengoptimalan luar biasa yang membantu CPU dan GPU kamu berkomunikasi secara lebih efektif, yang mengarah pada peningkatan kinerja yang sederhana. Satu-satunya peringatan adalah hal itu dapat menyebabkan penurunan kinerja di beberapa game yang tidak mendukung teknologi tersebut. Jadi, coba nyalakan dan matikan di berbagai game untuk melihat bagaimana perilakunya.

4. Nonaktifkan Game Bar Windows 10/11

Cara mengoptimalkan PC untuk bermain game, biar makin lancar dan anti nge-lag foto: microsoft

Windows memiliki hamparan game bawaan yang disebut Game Bar. Ini memungkinkan kamu merekam video gameplay dan memiliki beberapa fitur keren seperti pemantauan kinerja. Namun, ini juga memiliki dampak kinerja yang kecil, jadi sangat disarankan untuk menonaktifkannya jika kamu tidak pernah menggunakannya.

Untungnya, sangat mudah untuk menonaktifkan Game Bar. Kamu selalu dapat meluncurkannya secara manual meskipun dinonaktifkan jika perlu merekam video singkat.

(brl/red)