Cara mengubah keyboard di ponsel atau tablet Android  

Cara mengubah keyboard di ponsel atau tablet Android  

Techno.id - Sebagian besar dari kita biasanya akan menggunakan keyboard default di perangkat Android. Artinya, pengguna lebih memilih fitur keyboard yang sudah diinstal di dalam perangkat.

Namun sebenarnya, kamu dapat mengubah dan menggunakan opsi keyboard lain. Apalagi beberapa opsi keyboard berfungsi dengan semua perangkat, baik Samsung Galaxy atau perangkat Android lainnya.

Alasan mengubah keyboard default di ponsel Android

Keyboard Samsung default misalnya bisa lebih baik pada perangkat Samsung. Sebab, keyboard tersebut dapat memprediksi kata dan respons sentuh. Beberapa fitur penting lainnya termasuk mengirim teks, mencari di internet, dan menyesuaikan desain. Namun, keyboard dianggap masih kurang dibanding keyboard Google (Gboard) dan beberapa penyedia pihak ketiga.

Kamu mungkin lebih suka mengubah keyboard default jika memiliki perangkat Samsung. Mudah diganti, dan kamu dapat mencoba opsi baru sampai menemukan yang sempurna. Kamu dapat melakukannya dengan ponsel Android apa pun.

Opsi keyboard di Android

Tidak seperti Apple, Google tidak menghambat fungsionalitas keyboard pihak ketiga. Saat mengubah keyboard di Android, sistem akan menerapkan perubahan di seluruh perangkat. Berikut beberapa aplikasi keyboard yang bisa dicoba untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

1. Gboard

Cara mengubah keyboard di ponsel atau tablet Android foto: play.google.com

Ini merupakan salah satu aplikasi keyboard Android dengan tampilan terbaik. Ini adalah aplikasi keyboard default di sebagian besar perangkat Android. Gboard dapat menyinkronkan data seperti kata yang dipelajari, di seluruh perangkat dan akun Google pengguna.

Keyboard ini juga dikemas dengan add-on yang berguna dan beberapa fitur penting termasuk dukungan untuk stiker, kreasi Emoji Kitchen, GIF, Google Terjemahan, dan mode satu tangan.

2. Microsoft SwiftKey

Cara mengubah keyboard di ponsel atau tablet Android foto: play.google.com

Microsoft SwiftKey adalah pilihan populer di kalangan pengguna yang paham teknologi. Keyboard ini dikenal karena memiliki fitur prediksi kata berikutnya, papan klip yang canggih, integrasi dengan Microsoft Translate, beragam opsi tema dan tata letak, serta fitur tambahan yang didukung AI. Nilai tambah lainnya untuk SwiftKey adalah integrasi AI dengan Microsoft Copilot.

3. Grammarly

Cara mengubah keyboard di ponsel atau tablet Android foto: play.google.com

Keyboard Grammarly dapat memindai input teks secara real-time untuk memperbaiki kesalahan ejaan dan tata bahasa. Jika kamu menggunakan perangkat Android untuk bekerja, menggunakan Grammarly bisa menjadi pilihan. Kamu juga dapat menggunakan Grammarly di web saat jauh dari ponsel atau tablet.

(brl/red)