Cara mengunci aplikasi iPhone dengan ID Wajah di iOS 18

Cara mengunci aplikasi iPhone dengan ID Wajah di iOS 18

Techno.id - iOS 18 versi final akan diluncurkan Apple jelang akhir tahun ini. Namun kini kamu juga sudah bisa merasakan beberapa fitur pembaruan iOS 18 melaluo versi beta pertama. Dari sekian banyak fitur yang dihadirkan, yang cukup menarik dan membuat rasa penasaran adalah kemampuan untuk mengunci aplikasi dengan ID Wajah. Selain iPhone, Apple juga menghadirkan fitur serupa untuk iPad OS 18.

Dengan fitur ini kamu dapat mengunci beberapa aplikasi yang membutuhkan perlindungan ekstra seperti Pesan, Catatan, Telepon, Foto, Dompet, App Store, Mail, dan Kalender. Kamu juga juga dapat menambahkan perlindungan ID Wajah ke aplikasi pihak ketiga.

Fitur ini akan sangat berguna saat kamu menggunakan aplikasi apa pun yang berisi informasi sensitif. Mengunci aplikasi dengan ID Wajah sangatlah mudah. Misalnya kamu akan melakukannya untuk aplikasi Catatan. Berikut cara menambahkan kunci ID Wajah ke aplikasi apa pun di iPhone atau iPad.

1. Yang harus kamu lakukan adalah menekan lama ikon aplikasi, dan kamu akan mendapatkan Require Face ID baru di daftar pintasan. Ketuk, dan iPhone akan melakukan pemindaian ID Wajah untuk mengautentikasi kamu.

2. Kamu akan mendapatkan prompt yang meminta mengonfirmasi bahwa kamu ingin menggunakan ID Wajah untuk melindungi aplikasi.

3. Buka aplikasi, dan iPhone akan memindai wajah kamu lagi. Dinamic Island akan menunjukkan apakah pemindaian berhasil.

Cara mengunci aplikasi iPhone dengan ID Wajah di iOS 18 foto: apple

Jika kamu berubah pikiran dan ingin menghapus kunci ID Wajah dari aplikasi apa pun, kembali saja ke Layar Beranda tempat aplikasi tersebut berada. Tekan lama ikon lagi, dan pilih opsi baru yang muncul, Tidak Memerlukan ID Wajah.

iPhone akan memindai wajah kamu lagi untuk memastikan kamu diberi wewenang melakukan perubahan. Artinya, orang lain tidak akan dapat membuka kunci akses ke aplikasi yang dilindungi Face ID.

Masalah keamanan

Ada satu masalah dengan fitur tersebut. Jika seseorang mengetahui kode sandi Layar Kunci iPhone kamu, menggunakan ID Wajah untuk mengunci aplikasi akan sia-sia setelah kode sandi tersebut dapat membuka kunci akses. Implementasi yang lebih baik di sini adalah menggunakan kata sandi terpisah untuk mengunci semua aplikasi yang mungkin ingin kamu lindungi. Bisa juga dengan mengatur kata sandi unik untuk setiap aplikasi.

Meskipun itu akan lebih baik untuk keamanan, Apple harus mencari cara untuk membantu pengguna memulihkan kata sandi itu jika kamu lupa. Meski begitu, masih merupakan ide bagus mengunci aplikasi dengan ID Wajah untuk melindungi data sensitif.

(brl/red)